SOLOPOS.COM - Pasar Beringharjo Jogja. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, JOGJA — Pasar Beringharjo, Kota Jogja, segera bersolek dan memiliki wajah baru. Fasad pasar tradisonal terbesar di Jogja yang sebelumnya identik dengan cat hijau akan diganti menjadi putih tulang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono, mengatakan perubahan warna cat ini dilakukan untuk menyesiakan dengan ketentuan yaitu mengembalikan fasad Malioboro menjadi berwarna putih tulang. Fasad Pasar Beringharjo berwarna hijau sejak 2012.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, bangunan dengan arsitektur indische seperti Pasar Beringharjo dicat dengan warna putih tulang atau broken white atau off white.

Baca Juga: Nahas, Bocah 8 Tahun Tenggelam di Dam Mrican Jogja saat Asyik Bermain

Atas ketentuan tersebut, Dinas Perdagangan Kota Jogja menindaklanjutinya dengan mengajukan permohonan agar pengecatan Pasar Beringharjo bisa segera dilakukan.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Bappeda dan DPUPKP untuk mendapatkan cat dengan warna sesuai ketentuan termasuk tenaga yang nanti melakukan pengecatan,” katanya, Minggu (17/4/2022).

Cat dengan warna putih tulang, lanjut dia, akan diupayakan oleh Bappeda Kota Yogyakarta melalui berbagai opsi pengadaan misalnya melalui program corporate social responsibility (CSR) atau dari institusi terkait lainnya.

Baca Juga: Hiiii Serem! Ada Rumah Hantu di Malioboro Jogja, Berani Masuk?

“Kami tinggal tunggu saja. Sedangkan untuk tenaga yang akan mengecat, bisa saja berasal dari instansi terkait lain atau dari kami atau bisa dua-duanya,” katanya yang dikutip dari Antara.

Selain mengajukan permohonan, Dinas Perdagangan Kota Jogja juga sudah melakukan persiapan pengecatan dengan membersihkan dinding pasar sehingga pengecatan bisa dilakukan sewaktu-waktu.

“Yang diprioritaskan untuk dicat tentunya fasad pasar yang menghadap ke Malioboro tetapi harapannya, seluruh dinding pasar bisa di cat baru,” katanya.

Baca Juga: Sejarah Masjid Jogokariyan Jogja, Dulu Kampung Komunis Sekarang Islami

Ia pun berharap, pengecatan dapat dilakukan dalam waktu dekat sehingga Pasar Beringharjo akan memiliki wajah baru setidaknya sebelum Lebaran.

“Jadi, pasar pun bersolek siap menyambut libur Lebaran,” katanya.

Sebelumnya, Pasar Beringharjo dicat dengan warna kuning muda namun kemudian pada 2012 berubah menjadi hijau muda dengan kombinasi hijau tua menyesuaikan warna khas Keraton Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya