SOLOPOS.COM - Nasi-Gudeg-Yu-Djum-Jogja-.jpg (Instagram/@chitraria)

Solopos.com, SLEMAN — Pemerintah pusat telah memperboleh masyarakat untuk mudik Lebaran pada tahun ini. Kebijakan ini tentu menjadi angin segar bagi pelaku usaha, termasuk pelaku usaha gudeg di Yogyakarta.

Terlebih sudah dua kali Lebaran, mereka hanya bisa gigit jari karena pemerintah melarang masyarakat mudik. Kondisi itu membuat penjualan gudeg saat Lebaran tidak sesuai harapan.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Owner Gudeg Yu Narni, Heny Sansufi Fitri, mengatakan Lebaran tahun ini menyiapkan sekitar 1 ton gori atau nangka muda untuk bahan pembuatan gudeg. Prediksinya satu hari bisa memproduksi sekitar 1 kuintal gori.

Heny mengatakan masa libur Lebaran tahun ini ditetapkan 10 hari. Dia berharap masa libur yang cukup panjang itu menjadi momentum untuk menutup penjualan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Penimbun BBM Subsidi di Sleman Dibongkar, Begini Modusnya

“Saya sudah jualan gudeg 20 tahun. Selama pandemi, dua tahunan lebaran ini penjualan gudeg turun. Semoga tahun ini, kami punya impian bisa menutup penjualan-penjualan sebelumnya,” kata Heny saat ditemui Harianjogja.com, Kamis (21/4/2022).

Dia bercerita saat penjualan harian menyiapkan setidaknya sekitar 1 kuintal gori. Pada momen Lebaran kali ini, dia sengaja menyediakan lebih banyak untuk menyambut para pemudik dan wisatawan yang datang ke Jogja.

“Lebaran tahun lalu sebenarnya kami siapkan satu ton gori, cuma kami kecelek, meleset, karena ternyata yang mudik dan wisatawan yang datang tidak banyak,” katanya.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Tarif Rental Mobil di Jogja Naik Hingga Rp100.000

Heny berharap seiring terus menurunnya kasus penyebaran Covid-19, libur Lebaran tahun ini ada perubahan dan perbaikan ekonomi jauh lebih baik.

Selama pandemi, katanya, 18 karyawannya masih bekerja seperti biasa. Harapannya dengan libur Lebaran tahun ini bisa menambah jumlah pekerja.

“Kami prediksi libur Lebaran nanti akan banyak wisatawan yang datang. Semoga wisatawan banyak yang datang agar perekonomian DIY kembali meningkat. Mudah-mudahan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Luar Biasa, Sambut Wisatawan Lebaran, Gudeg Yu Narni Siapkan 1 Ton Gori

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya