SOLOPOS.COM - Putra almarhum Mangkunagoro IX, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo (ketiga dari kiri), berbincang dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kanan), pada malam peringatan 100 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara (MN) IX di Pringgitan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (19/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengucapkan selamat kepada GPH Bhre Cakrahutomo yang baru saja diumumkan sebagai penerus kepemimpinan di Pura Mangkunegaran Solo bergelar KGPAA Mangkunagoro X.

Ucapan selamat juga disampaikan Gibran kepada KGPH Purbaya yang pada Minggu (27/2/2022) dinobatkan sebagai putra mahkota yang nantinya melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Jadi Penerus Takhta Mangkunegaran Solo, Bhre Ternyata Masih Lajang Loh

Gibran siap menggandeng dua pemimpin muda dari lingkungan Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran tersebut dalam upaya memajukan Kota Solo. Ia berharap munculnya tokoh-tokoh muda memberikan warna baru bagi Kota Solo ke depan.

Menurut Gibran, faktor usia tidak menghalangi siapa pun untuk berkiprah di masyarakat. “Masalahnya bukan tua atau muda. Tapi semua warga, semua tokoh di Solo ini bisa satu visi atau misi. Ini kan masa-masa sulit, masa darurat, masa pemulihan ekonomi. Semua harus bergandengan tangan,” katanya.

Baca Juga: PB XIII Disebut Angkat KGPH Purbaya sebagai Putra Mahkota Keraton Solo

Kreatif dan Inovatif

Gibran mengatakan dengan munculnya tokoh-tokoh pemimpin muda seperti Bhre dan Purbaya nantinya akan memberi warna tersendiri untuk Kota Solo. Ia berharap ke depan program-program yang dimunculkan di Solo bisa lebih kreatif dan inovatif. “Intinya selamat untuk Gusti Bhre dan Gusti Purboyo [KGPH Purbaya]. Mereka orang-orang hebat,” lanjutnya.

Gibran menambahkan dalam waktu dekat akan menemui Bhre maupun Purbaya secara langsung untuk memberikan selamat. “Kemarin malam [Bhre] sudah teelpon saya. Besok mau ketemu, sama Gusti Purbaya juga nanti saya mau menemui saja secara langsung,” jelasnya.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Bhre Cakrahutomo yang Diumumkan sebagai Mangkunagoro X

Seperti diberitakan, Pura Mangkunegaran Solo telah mengumumkan GPH Bhre Cakrahutomo sebagai penerus takhta bergelar Mangkunagoro X, Selasa (1/3/2022) sekitar pukul 10.40 WIB. Jumenengan atau penobatan Bhre dijadwalkan pada Sabtu (12/3/2022).

Bhre lahir pada 29 Maret 1997 baru akan menginjak usia 25 tahun pada 29 Maret nanti. Sementara putra mahkota Keraton Solo, KGPH Purbaya, yang nantinya akan meneruskan takhta PB XIII saat ini berusia 21 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya