SOLOPOS.COM - Ilustrasi soto. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira apa sih perbedaan dari soto seger khas Boyolali dengan soto dari Kudus di Jawa Tengah?

Soto merupakan salah satu kuliner yang hampir setiap daerah ada. Mulai dari soto Surabaya, soto Lamongan, soto Mi Bogor, soto Betawi, soto Banjar, soto Semarang, soto Kudus, hingga soto seger Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga:  Jangan Salah! J&T dan JNE Tidak Sama, Ini Bedanya

Di Jawa Tengah sendiri soto terdapat beberapa yang terkenal, seperti soto seger Boyolali, soto Kudus, soto Semarang, soto grombyang Pemalang, soto kemiri Pati, soto Tegal, dan soto Sokaraja.

Dari sekian banyak soto yang ada di Jawa Tengah, kira-kira apa sih perbedaan soto seger Boyolali dan juga soto khas Kudus?

Baca Juga:  Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Solopos.com, perbedaan dari penganan yang disukai beragam kalangan itu terletak pada kuah dan juga isiannya.

Soto Kudus
Soto Kudus (Instagram/@e_ndro)

Untuk soto seger Boyolali kuahnya bening dan menggunakan daging sapi dan ayam. Sementara itu, soto khas Kudus kuahnya lebih pekat dengan isian daging kerbau atau ayam.

Baca Juga: Ternyata Ini Arti Nama dari Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo

Rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu pada soto Kudus membuat rasanya menjadi lebih kaya dan gurih. Sedangkan soto seger Boyolali memiliki rasa lebih ringan sehingga sangat cocok disantap di pagi maupun malam hari.

soto seger hj. fatimah
Pelanggan menikmati soto di warung Soto Seger Hj. Fatimah Jl. Garuda, Boyolali, Senin (15/11/2021). (Solopos.com/Cahyadi Kurniawan)

Meski memiliki perbedaan, soto seger Boyolali maupun soto khas Kudus juga mempunyai kemiripan, termasuk dalam penyajiannya. Kedua soto ini menggunakan mangkok kecil dan juga sendok bebek. Penyajian ini menjadi ciri khas tersendiri yang jarang ditemukan pada soto-soto di daerah lainnya, terutama di luar Jawa Tengah.

Baca Juga: Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Lewat SMS dan Online

Nah, sudah tahu kan perbedaan antara soto Kudus dan juga soto seger Boyolali. Sama-sama lezat dan nikmat disantap, kamu tim soto seger Boyolali atau soto Kudus nih?

Baca Juga:  Lokasi Vaksin Booster di Solo, Lengkap dengan Cara Daftar dan Syaratnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya