Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sama-Sama Beri Utang Negara, Apa Perbedaan IMF dan Bank Dunia?

Sudahkan Anda tahu perbedaan antara Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia atau World Bank?
SHARE
Sama-Sama Beri Utang Negara, Apa Perbedaan IMF dan Bank Dunia?
SOLOPOS.COM - Ada beberapa perbedaan antara Dana Moneter Internasional atau IMF dengan World Bank atau Bank Dunia. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sudahkan Anda tahu perbedaan antara Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia atau World Bank?

Dua lembaga dalam sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  memiliki tujuan yang sama, yakni untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan standar hidup di negara-negara anggotanya.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Pendekatan keduanya terhadap tujuan ini saling melengkapi, di mana IMF fokus pada isu-isu ekonomi makro sementara Bank Dunia berkonsentrasi pada pembangunan ekonomi jangka panjang dan pengentasan kemiskinan.

Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia dibentuk pada sebuah konferensi internasional yang diadakan di Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat pada Juli 1944.

Konferensi ini diselenggarakan untuk membentuk suatu kerangka bagi kerja sama ekonomi dan pembangunan yang mengarah pada perekonomian global yang lebih stabil dan sejahtera.

Baca Juga: Bank Dunia Minta Jokowi Naikkan Harga BBM, Ini Jawabannya

Sementara tujuan ini merupakan hal yang utama bagi kedua lembaga, pekerjaan kedua lembaga ini terus berkembang sebagai respons terhadap perkembangan dan tantangan ekonomi baru yang dihadapi.

Namun demikian ada beberapa perbedaaan di antara IMF dan Bank Dunia. Berikut ulasan perbedaan IMF dan Bank Dunia seperti dirangkum dari imf.org dan sumber lain, Senin (4/7/2022):

1. Mandat

Perbedaan IMF dengan Bank Dunia yang pertama terkait mandat. Mandat yang dimililiki IMF yang utama adalah mendorong kerja sama moneter internasional dan menyediakan saran kebijakan dan dukungan pengembangan kapasitas untuk membantu negara-negara membangun dan mempertahankan ekonomi yang kuat.

Sedangkan mandat Bank Dunia adalah mendorong pembangunan ekonomi jangka panjang dan pengentasan kemiskinan dengan menyediakan dukungan teknis dan keuangan.

Baca Juga: Tarif PPN 11 Persen Disebut Tingkatkan Kemiskinan, Ini Respons Menkeu

2. Pinjaman

Perbedaan IMF dan Bank Dunia yang kedua terkait pemberian pinjaman. IMF memberikan pinjaman dan membantu negara-negara merancang program-program kebijakan untuk mengatasi persoalan neraca pembayaran ketika pembiayaan yang memadai dengan persyaratan yang terjangkau tidak dapat diperoleh untuk memenuhi kewajiban pembayaran internasional netto (net international payment).

Pinjaman IMF berjangka pendek dan menengah dan sebagian besar didanai dari kumpulan kontribusi kuota yang disediakan anggotanya.

Sementara itu, Bank Dunia juga membantu negara-negara mereformasi sektor-sektor tertentu atau melaksanakan proyek-proyek spesifik—seperti membangun sekolah dan fasilitas kesehatan, menyediakan air dan listrik, memerangi penyakit, dan melindungi lingkungan.

Namun perbedaannya, bantuan Bank Dunia umumnya berjangka panjang dan didanai melalui kontribusi negara anggota serta melalui penerbitan obligasi.

Baca Juga: Khusus Mobil! Ini Mekanisme Baru Daftar BBM Subsidi Lewat MyPertamina

3. Perbedaan Staf

Perbedaaan selanjutnya adalah terkait staf. Biasanya staf Bank Dunia adalah ahli dalam isu, sektor, atau teknik tertentu. Sementara staf IMF pada umumnya adalah ekonom dengan pengalaman luas dalam kebijakan ekonomi makro dan keuangan.

Itulah ulasan perbedaan IMF dan Bank Dunia yang perlu dipahami.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode