Salut, Desa di Cawas Klaten Ini Belum Catat Kasus Kematian Akibat Covid-19
Solopos.com|soloraya

Salut, Desa di Cawas Klaten Ini Belum Catat Kasus Kematian Akibat Covid-19

Desa Burikan, Kecamatan Cawas, menjadi salah satu desa di Kabupaten Klaten yang belum pernah mencatat kasus kematian akibat Covid-19.

Solopos.com, KLATEN – Desa Burikan, Kecamatan Cawas, menjadi salah satu desa di Kabupaten Klaten yang belum pernah mencatat kasus kematian akibat Covid-19. Di sisi lain, jumlah warga terpapar virus corona di desa tersebut tergolong sangat sedikit selama pandemi berlangsung.

Demikian penjelasan Kepala Desa (Kades) Burikan, Kecamatan Cawas, Surata, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Kamis (17/6/2021). Hingga sekarang, Desa Burikan masih tergolong zona hijau Covid-19 alias tak ditemukan warga yang terpapar virus corona.

“Di tempat kami, tidak ada kasus Covid-19 satu pun hingga sekarang. Kami memang sangat keras kepada warga agar selalu disiplin menaati protokol kesehatan. Termasuk, setiap ada hajatan, pasti kami lakukan pantauan secara ketat. Saat sekarang, di sini tak ada yang izin menggelar hajatan,” kata Surata.

Baca juga: Bikin Geger! Mahasiswi Sragen Nekat Terjun ke Sungai dari Jembatan Ringroad Mojosongo

Surata mengatakan setiap warga di daerahnya diminta mengantongi izin terlebih dahulu sebelum menggelar hajatan. Nantinya, tim Satgas PP Covid-19 akan mengecek persiapan warga yang akan menggelar hajatan.

“Di sini ada sekitar 2.800 jiwa. Dari jumlah itu, warga yang sempat terpapar hanya lima orang. Kasusnya itu juha sudah lama. Kasus Covid-19 di sini ramai saat momentum Pilkada 2020. Setelah itu hingga sekarang, selalu aman [zonanya selalu hijau],” katanya.

Terpisah, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Kabupaten Bersinar masih terdapat penambahan 64 kasus Covid-19, Kamis (17/6/2021). Di samping itu, terdapat tiga orang meninggal dunia karena virus corona dan sebanyak 73 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, RS di Klaten Kritis

Sebanyak tiga pasien Covid-19 yang meninggal dunia kali ini berasal dari Trucuk, Wonosari, dan Klaten Selatan. Pasien Covid-19 yang meninggal dunia dari Trucuk, yakni M, 76/laki-laki (meninggal dunia 15 Juni 2021); Wonosari, yakni SH, 52/perempuan (meninggal dunia, 15 Juni 2021); Klaten Selatan, yakni W, 68/laki-laki (meninggal dunia, 16 Juni 2021).

“Jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 10.078 kasus. Sebanyak 704 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 8.731 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 643 meninggal dunia,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago