[ X ] CLOSE

Salurkan Hobi Masak, Ibu Muda Asal Solo Ini Raih Jutaan Rupiah Lewat Bakpao Unik

Ide untuk membuat bakpao berkarakter unik itu berawal dari para buah hatinya yang menyukai bakpao pada umumnya.
Salurkan Hobi Masak, Ibu Muda Asal Solo Ini Raih Jutaan Rupiah Lewat Bakpao Unik
SOLOPOS.COM - Efrina Yulianti saat mengikuti pameran UMKM beberapa waktu di Solo. (Istimewa/Dok Efrina Yulianti)

Solopos.com, SOLO — Berawal dari hobi memasak hingga aktif mengikuti kelas masak, seorang ibu muda, Efrina Yulianti, 35, warga RT 002/RW 002, Mojo, Pasar Kliwon, Solo bisa menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah per bulan. Efrina sapaan akrabnya, mengubah bakpao yang biasanya polos berwarna putih menjadi bakpao unik berbentuk berbagai karakter unik.

Efrina kepada Solopos.com, Kamis (5/8/2021), menceritakan ide untuk membuat bakpao berkarakter unik itu berawal dari para buah hatinya yang menyukai bakpao pada umumnya. Namun, anak-anaknya tiba-tiba bosan karena bakpao kesukannya hanya polos berwarna putih.

“Lalu saya mencoba membuat bakpao karakter, ternyata bisa. Saya sempat foto dan saya unggah di media sosial ternyata respons teman-teman meminta saya untuk membuatkan,” papar Efrina.

Baca Juga: Kisah Abon Ksatria Solo Mulai Usaha dari Nol hingga Raup Omzet Rp50 Juta Sebulan

Melihat peluang bisnis, ia pun memutuskan menekuni usaha bakpao karakter yang ia beri nama Napao. Ia mulai merintis Napao pada awal pandemi tahun lalu. Ia mengaku tercengang, baru setahun produksi, Napao sudah merambah ke wilayah Jabodetabek.

“Belajar bentuk karakter ya dari para pemesan. Kalau pemesan minta karakter superhero ya saya buatkan, lalu saya perlihatkan bentukknya dulu ke pemesan,” papar Efrina.

Bahkan, berbagai prestasi berhasil Napao raih yang membuatnya terus fokus memproduksi bakpao unik di tengah-tengah kesibukanya sebagai apoteker.

“Pengiriman luar kota bakpao frozen food, nanti dikukus dulu. Hanya beberapa kota dulu, masih terkendala jasa pengiriman makanan,” imbuh dia.

Baca Juga: Ini Rahasia Kelezatan Onde-onde Aneka Rasa Bu Is Boyolali

Ia menjual setiap bakpao karakter seharga Rp4.000. Napao juga tersedia dalam beberapa pak. Dalam sehari Napao bisa membuat 60 bakpao karakter. Menurutnya, pembuatan bakpao unik karakter memerlukan waktu cukup lama. Hal itu mengingat keterbatasan alat dan proses produksi yang ia kerjakan sendiri.

Ia berharap setelah mengikuti UMKM Virtual Expo 2021 yang digelar Bank Indonesia (BI) Solo dan Solopos Media Group dapat memperluas wawasan dan meraih prestasi lewat bakpao unik.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago