SOLOPOS.COM - Air mengalir melewati pintu air Saluran Induk Colo Timur di Pengkol, Nguter, Sukoharjo, Senin (12/11/2012). (Solopos/Ivan Andimuhtarom)


Air mengalir melewati pintu air Saluran Induk Colo Timur di Pengkol, Nguter, Sukoharjo.Foto diambil, Senin (12/11/2012). (Ivan Andimuhtarom/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO–Pintu air Saluran Induk Colo Timur maupun Colo Barat, di Pengkol, Nguter, Sukoharjo telah dibuka oleh Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Sabtu (10/11/2012) dini hari. Namun, sampai Senin (12/11/2012), rehab di beberapa bagian saluran belum sepenuhnya selesai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bagian humas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Sukoco, ketika dihubungi Solopos.com, Jumat (9/11/2012), mengatakan dirinya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan memastikan Sabtu dini hari pintu penguras di Dam Colo akan ditutup. Dengan penutupan itu, imbuh dia, bendung akan mulai terisi air.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pintu pengeluaran di Dam Colo sudah dibuka. Tetapi keadaan air dari hulu (WGM) masih sedikit. Debit air dari WGM kami hitung hanya sekitar 2-3 meter kubik per detik. Kalau air sudah mencukupi, ia akan mengalir secara otomatis ke saluran Colo Timur dan Colo Barat. Mudah-mudahan segera ada hujan lokal,” papar Sukoco.

Sementara itu pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa I Satker Pengelolaan Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) BBWS Bengawan Solo, Sigit Budi Widigdyo, 54, ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Senin siang, mengakui belum semua pekerjaan rehab selesai.

Namun, ia mengungkapkan kondisi saluran yang direhab dirasa telah aman untuk dilewati air karena pilar beton penampang basah bawah telah dipasang oleh para kontraktor. “Kontraktor kemarin sudah mengerjakan pondasi dan pilar beton penampang basah paling bawah. Saat ini para kontraktor sedang melanjutkan pemasangan pilar beton agar semua penampang basah terlapisi beton,” kata dia.

Menurutnya, kontrak kerja sama antara PPK Irigasi dan Rawa I dengan kontraktor di tiga paket pengerjaan rehab akan berakhir pada 27 Desember 2012. Saat ini, imbuh dia, mumpung debit air dari Waduk Gajah Mungkur (WGM) belum banyak, para kontraktor didorong segera menyelesaikan rehab saluran.

“Saya sudah meminta para kontraktor untuk menambah jumlah tenaga dan waktu kerja. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu. Kalau sampai batas waktu belum juga selesai, kami sudah punya kesepakatan dengan para kontraktor,” papar dia.

Ia menambahkan, tiga paket pengerjaan rehab saluran Colo yang ia maksud adalah paket I sepanjang 1,5 km di Kabupaten Sukoharjo, paket II sepanjang 1,7 km di Kabupaten Karanganyar dan paket III sepanjang 5 km di Kabupaten Sragen. Dari ketiga paket, pengerjaan rehab paket III dinilai masih kurang banyak. Ia berharap, saluran sudah siap saat air telah mencapai daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya