SOLOPOS.COM - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran dan Sekretaris Umum FPI, Munarman. (detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Front Pembela Islam (FPI) membantah tuduhan Polda Metro Jaya bahwa enam anggota laskar FPI yang ditembak mati membawa senjata api. Selain itu, mereka juga memiliki kronologi kejadian yang berbeda dengan yang diceritakan polisi terkait insiden berdarah di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada Senin (7/12/2020) dini hari tersebut.

FPI membantah adanya upaya pengerahan massa di balik insiden tersebut. FPI menyebut ketika insiden itu Habib Rizieq Syihab justru tengah menuju ke luar Jakarta. "Jadi itu membuktikan itu fitnah [ada pengerahan massa kawal pemeriksaan Habib Rizieq], Habib Rizieq menuju luar Jakarta bukan menuju dalam Jakarta," kata Sekretaris Umum (Sekum) FPI, Munarman, Senin (7/12/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seusai Penembakan 6 Pengikut Habib Rizieq, Beredar Surat Diduga dari FPI Berisi Kronologi Kejadian

Munarman mengatakan saat itu Habib Rizieq tengah bergerak untuk melakukan pengajian keluarga inti di luar Jakarta. Maka saat itu laskar secara spontan melakukan pengawalan terhadap Habib Rizieq.

"Kebohongan itu [pengerahan massa] tidak layak dikutip menurut saya, tidak boleh informasi publik dijejali kebohongan. Habib Rizieq menuju ke arah luar Jakarta bukan ke dalam Jakarta, menuju ke tempat pengajian itu, pengajiannya itu pengajian keluarga, keluarga inti," ucapnya.

Diadang Oknum

Munarman menyebut saat itu Rizieq memang diikuti oleh 4 mobil dimana 2 mobil menempel Rizieq sementara 2 lainnya menghadapi pengadangan oleh oknum. Saat itulah, kata Munarman, terjadi penembakan terhadap salah satu laskar.

Todongkan Senpi dan Sajam, Begini Kronologi Penembakan 6 Pengikut Rizieq Syihab Menurut Polisi

Lalu, lantaran mendengar kabar ada yang ditembak, akhirnya 1 mobil lainnya melarikan diri. Munarman sekali lagi menyebut insiden yang terjadi menurutnya insiden penembakan.

"Terjadilah upaya-upaya penangkapan itu dan ada sekali penembakan di tahap awal dan mengenai satu laskar. Satu laskar ini yang kemudian voice note-nya sampai ke tim lain, ke mobil satunya. mobil satunya segera katakan lah menyelamatkan diri, karena ini ada tembakan, ini buktinya ada 2 mobil, 1 mobil diadang, 1 mobilnya kalau ada tembak menembak dan laskar FPI ada senjata tentu dihajar mobil satunya. [Tapi] ini kan tidak terjadi, mobil kita satunya menyelamatkan diri, gitu loh," ujarnya.

FPI juga menyebut enam orang yang ditembak itu hilang karena mereka tak bisa menemukan mereka.

Kapolda Metro: 6 Pengikut Rizieq Syihab Yang Tewas Ditembak Bawa Senjata Api Asli

Versi Polisi

Sementara versi polisi, insiden itu bermula saat aparat Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan atas kabar akan adanya pengerahan massa dalam jumlah besar. Massa ini kabarnya akan mengawal pemeriksaan Rizieq Syihab di Polda Metro Jaya.

Tak tinggal diam, polisi pun melakukan penyelidikan terhadap identitas penyebar pesan kepada pengikut Rizieq Syihab itu. Tak dinyana, anggota Polda Metro Jaya mendapat serangan dalam proses penyidikan. Yaitu penodongan senjata api (senpi) dan senjaya tajam (sajam) oleh pengikut Rizieq Syihab di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pukul 00.30 WIB.

"Ya benar. Anggota yang menjadi korban akan membuat laporan polisi," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, dalam siaran persnya.

Dor Dor, Enam Pengikut Habib Rizieq Tewas Ditembak Polisi

Argo menjelaskan kronologi kejadian di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek itu. Saat tengah mengkuti kendaraan pengikut MRS, tiba-tiba mobil anggota Polda Metro Jaya dipepet dan disetop dua kendaraan pengikut MRS. Saat inilah terjadi penodongan senpi dan sajam berupa pedang samurai dan celurit ke arah polisi oleh pengikut MRS.

Petugas yang merasa keselamatan jiwanya terancam langsung mengambil tindakan tegas. Polisi melepaskan tembakan yang menyebabkan 6 pengikut Rizieq Syihab meninggal dunia, sementara 4 lainnya melarikan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya