SOLOPOS.COM - ilustrasi virus corona (freepik.com)

Solopos.com, SALATIGA - Pasien terkonfirmasi positif virus corona di Kota Salatiga bertambah satu. Kini total ada empat orang warga salatiga yang terkonfirmasi positif virus tersebut.

Pasien keempat positif corona adalah seorang perempuan, 40 tahun warga Kelurahan Gendongan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Penambahan pasien positif itu dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah, Minggu (19/4/2020). Sebelumnya sang ibu juga dinyatakan positif Covid-19 dan terdata sebagai pasien ketiga, Selasa (14/4/2020) pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasien Positif Corona Solo Bertambah, 3 Kelurahan Masih Bersih

Sebelum dinyatakan positif, pasien keempat sempat diimbau melakukan karantina mandiri selama 14 hari lantaran baru kembali dari Bali. Dia pergi ke Pulau Dewata pada 3-11 Maret 2020. Namun baru melaporkan riwayat berpergiannya ke puskesmas pada 16 Maret 2020.

Pasien juga dinilai tidak disiplin dalam melakukan karantina mandiri. Pasalnya selama masa karantina dia dilaporkan pergi ke pasar, membesuk tetangga, dan mengikuti pertemuan PKK. “Riwayat kontak masih terus kami lacak,” ujar Zuraidah.

Dia memaparkan pertemuan PKK yang dihadiri pasien keempat diikuti sedikitnya 45 orang. Delapan orang di antaranya mengobrol langsung dengan pasien yang kini positif itu. Sementara kegiatan membesuk tetangga yang sakit diikuti 20 orang.

Update Corona Solo 19 April 2020: Kasus Positif Tambah 1

Sebelumnya gejala yang mengarah pada Covid-19 berupa batuk dirasakan pasien ketiga dan keempat pada akhir Maret 2020 lalu. Dia sebelumnya berobat ke balai pengobatan swasta dan rumah sakit swasta sebelum hasil lab dinyatakan positif Covid-19.

Saat ini pasien keempat tersebut menjalani perawatan di RSP dr. Ario Wirawan bersama sang ibu. Keadaannya terpantau stabil.

Piknik ke Eropa

Berdasarkan penelusuran riwayat perjalanan, pasien keempat juga piknik ke sejumlah negara Eropa pada Februari lalu. Piknik dilakukan bersama ibu (pasien ketiga) dan ayahnya. Sejumlah negara yang dikunjungi antara lain Italia, Swiss, Jerman, Perancis, Belgia, dan Belanda.

“Selain piknik ke negara-negara tersebut, mereka juga sempat transit di Abu Dhabi namun pulang dalam keadaan sehat,” ungkap Zuraidah.

Moto GP 2020 Mulai Rancang Balapan Tanpa Penonton

Dua kasus positif Covid-19 yang saling berhubungan ini juga menambah daftar orang tanpa gejala (OTG) yang berkontak erat dengan keduanya. Berdasarka pelacakan kini sedikitnya ada 85 OTG baru yang berkontak erat dengan pasien ketiga dan keempat.

Jumlah itu belum termasuk tenaga medis yang terkena imbas lantaran pasien ketiga sempat berbohong terkait riwayat perjalanannya. Kini total OTG di Salatiga mulai dari kasus pertama sebanyak 166 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya