SOLOPOS.COM - Jemaah salat Iduladha memadati area depan Kantor Satlantas Polres Wonogiri, Minggu (10/7/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M)

Solopos.com, WONOGIRI — Pelaksanaan ibadah salat Iduladha 2022 di area perkotaan Wonogiri pada Minggu (10/7/2022) dibagi menjadi empat lokasi. Warga sekaligus umat Islam di Kabupaten Wonogiri tampak memadati titik masing-masing.

Salah satunya terjadi di area depan Kantor Satlantas Polres Wonogiri. Sejak pagi, sekitar pukul 05.30 WIB, warga mulai mendatangi tempat tersebut. Salat Iduladha di sana, rencananya dijadwalkan dimulai pukul 06.00 WIB, namun pelaksanaannya baru terjadi pukul 06.30 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salat Iduladha di area depan Kantor Satlantas Polres Wonogiri itu diimami Ustad Asrori. Sedangkan pengisi khotbahnya yakni Mursidi, yang juga pejabat Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Kasi Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri.

Dalam khotbahnya, ia mengawali dengan sejarah Iduladha yang tak terlepas dari kisah pengorbanan Nabi Ibrahim kepada anaknya, Ismail. Lebih lanjut, kata Mursidi, Iduladha yang didasari kisah itu lalu dirayakan melalui penyembelihan hewan kurban.

“Sedekah daging hewan kurban hanyalah simbol makna dari korban yang sejatinya sangat halus. Meliputi pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga pikiran, waktu dan sebagainya. Pengorbanan merupakan manifestasi kesadaran kita sebagai makhluk sosial,” ujar Mursidi.

Baca Juga: Jadi Perhatian, Ini Proses Penyembelihan Sapi Kurban Milik Presiden

Esensi dari kurban, lanjut dia, yakni nilai ketawadukan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Pengurbanan juga bertujuan menyembelih dan menghilangkan penyakit hati.

“Iri, dengki, harus kita sembelih dalam rangka mendatangkan karakter sebagai manusia-manusia yang insan kamil,” tuturnya.

Seusai menyampaikan khotbahnya, Mursidi menyatakan jumlah jemaah salat Iduladha di tempatnya berkhotbah mencapai 1.000 orang lebih.

Baca Juga: Ikut Salat Iduladha, Ratusan Orang Padati Taman Parkir Kotabarat

Penyembelihan hewan kurban di area perkotaan Wonogiri bagian selatan yang masih menjadi satu rangkaian perayaan, dilaksanakan seusai salat Iduladha.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, jenis hewan yang dikurbankan di area itu terdiri dari sapi dan kambing. Jumlah sapi yang dikurbankan sebanyak 21 ekor. Sedangkan kambingnya berjumlah 38 ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya