SOLOPOS.COM - Ilustrasi masjid. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Hampir seluruh masjid di Kota Solo menggelar ibadah Salat Iduladha berjamaah pada Jumat (30/7/2020).

Masjid yang menggelar Salat Iduladha telah dilengkapi sarana protokol kesehatan seperti pengaturan jarak dan ketersediaan alat mencuci tangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Solo, Samsuddin, kepada Solopos.com, Rabu (29/7/2020).

5 Tahun Tak Dikeruk, Endapan Sedimen Sungai Situri Sukoharjo Capai 2,5 Meter

Menurutnya, DMI Solo mengikuti arahan Kementerian Agama (Kemenag) dan Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo terkait penyelenggaraan Iduladha.

Samsuddin mengatakan salat Iduladha boleh digelar di masjid atau langgar namun dengan catatan pelaksanaan protokol kesehatan ketat.

“Lokasi salat memang diperbanyak agar masyarakat tidak jauh-jauh datang ke lokasi. Masjid yang menggelar salat Iduladha jemaahnya warga setempat atau mukimin. Termasuk yang terlibat dalam penyelenggaraan itu mukimin,” ujar dia.

Tak Sadar Positif Covid-19 Karena Tanpa Gejala, Warga Solo Ini Ikut Ronda Dan Temannya Tertular

Selain soal kesiapan masjid menyelenggarakan Salat Iduladha, DMI Solo juga memastikan kesehatan hewan kurban yang akan disembelih. Hal itu dilakukan dengan pengecekan kesehatan hewan tersebut.

Penyembelihan Hewan Kurban

Saat penyembelihan tidak semua orang boleh masuk ke lokasi penyembelihan. Hanya pihak berkepentingan yang boleh masuk ke area penyembelihan itu.

Penerapan protokol kesehatan benar-benar bisa dijalankan. Seusai penyembelihan, setiap masjid sudah diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Jumlah Kasus Tertinggi Se-Soloraya, Kota Solo Kembali ke Zona Merah Covid-19

Apabila, daging kurban diambil, wajib ada pembagian waktu yang panjang agar tidak menimbulkan kerumunan. Namun, diutamakan pembagian daging diantar langsung dari rumah ke rumah.

“Kalau jumlah pasti saya belum ada daftar, yang jelas banyak. Kalau lokasi seperti Lapangan Sriwedari dan Lapangan Kota Barat tidak menggelar Salat Iduladha, pindah masuk ke masjid Kota Barat. Ini untuk menghindari jemaah datang dari luar,” imbuh dia.

Tak Hanya Jokowi, Gibran Juga Pesan Sapi Kurban Ke Peternak Asal Mranggen Sukoharjo

Ia mengimbau masyarakat Solo yang mengikuti Salat Iduladha di masjid untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.

Menurutnya, masjid-masjid di Kota Solo juga telah lama memasang papan imbauan sebagai pengingat menjalankan protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya