SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)--Salat Idul Fitri di Kabupaten Sukoharjo bakal dipusatkan di Alun-Alun Satya Negara, Sukoharjo Kota, Jumat (10/9). Bupati Wardoyo Wijaya dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Sukoharjo dijadwalkan akan salat Id di tempat tersebut.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, M Shofaruddin menjelaskan diperkirakan salat Idul Fitri di Alun-Alun Satya Negara akan dihadiri 3.000 jamaah.  Shofaruddin akan bertugas menjadi khotib, sementara itu Ahmad Syaifullah dari Pondok Pesantren Baitul Hikmah akan menjadi imam salat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selain pejabat, jamaah adalah masyarakat yang tinggal di sekitar alun-alun,” ujar Shofaruddin saat dijumpai Espos di kantornya, Rabu (8/9).
Namun, Kemenag Sukoharjo telah menyiapkan tempat alternatif lain. Yakni di Mesjid Agung Baiturrahman. Tempat alternatif itu akan dipergunakan jika kondisi alun-alun tidak memungkinan untuk dipergunakan.

“Seperti jika nanti turun hujan. Tadi pagi (kemarin pagi-red) kami sudah mengecek lapangan. Dan rumputnya masih basah karena tadi malam (kemarin malam-red) turun hujan. Tapi kalau satu dua hari ini panas, maka kemungkinan besar alun-alun siap dipakai,” jelas Shofaruddin.

Mesjid Agung Baiturrahman dipilih sebagai tempat alternatif karena jaraknya dengan alun-laun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 200 meter. Selain itu, mesjid itu bisa menampung banyak jamaah.Selain Alun-Alun Satya Negara, GOR Merdeka rencana akan dipakai untuk salat Idul Fitri. Kemenag telah menjadwalkan Hasyim Asyari sebagai imam merangkap kothib.

Sementara itu, Shofaruddin mengimbau kepada masyarakat Sukoharjo untuk tidak melaksanakan takbir keliling secara arak-arakan. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga keselamatan. Dia menambahkan, sebaiknya kegiatan takbik pada malam Lebaran dilakukan di mesjid atau musola.

Untuk pembagian zakat fitrah, Kemenag juga telah melakukan himbauan kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan pejabat untuk menyalurkan lewat Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Sukoharjo. Beberapa instansi dan dinas di Kota Makmur pun telah mengumpulkan zakat fitrah lewat Kemenag Sukoharjo. Seperti Dinas Pertanian, Bank Pasar Sukoharjo, dan Sekretariat DPRD Sukoharjo.

hkt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya