SOLOPOS.COM - Lapangan Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Minggu (1/5/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI – Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek, melaksanakan Salat Idulfitri (Id) di kampung halamannya di Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Panitia Salat Id di Lapangan Pule, Winarno menceritakan, hal itu sudah menjadi kebiasaan sejak orang nomor satu di Wonogiri itu menjadi Bupati.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebelum pandemi Covid-19, sejak kali pertama menjadi Bupati kalau salat pasti ke sini [Lapangan Pule],” kata dia saat ditemui Solopos.com, Minggu (1/5/2022).

Selama itu pula, menurutnya, tak pernah ada hal istimewa maupun keinginan dari Bupati Wonogiri untuk diistimewakan. Kadang kala ia berada di pinggir atau bahkan di tengah-tengah saf. “Beliau maunya dianggap sebagai jemaah biasa,” imbuhnya.

Suatu kali, ia pernah mencoba mengistimewakan Jekek dengan cara menyediakan tempat kosong di depan. Akan tetapi menurutnya Jekek menolak. Pascapenolakan itu, panitia lalu menganggapnya biasa saja karena sudah menjadi karakter.

Baca Juga: Kinerja Pemkab Wonigiri Terbaik Ketiga Se-Jateng, Ini Nilainya

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Kasi Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Mursyidi, turut mengetahui kebiasaan pelaksanaan Salat Id sang Bupati.

“Biasanya memang di dekat rumahnya di Selogiri,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (30/4/2022).

Ia yang menjadi khatib pada pelaksanaan Salat Id pada Senin pagi di halaman Masjid At Taqwa Wonogiri, mengaku tak mendapat informasi kalau Bupati Wonogiri itu bakal melaksanakan Salat Id di Masjid At Taqwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya