SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

SOLO–Jenis makanan pembuka di sejumlah restoran cukup bervariasi. Mulai dari makanan crispy sampai buah. Makanan itu biasanya disajikan sembari menunggu pesanan makanan utama. Seperti di Pizza Hut di Jl Brigjen Slamet Riyadi No 380, Purwosari, Solo dan Paparon’s Pizza di Jl Gatot Subroto No 222 Solo.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Dua restoran piza itu memiliki lebih dari satu macam makanan pembuka. Salah satunya salad yang disajikan secara prasmanan. Pizza Hut menyajikan 21 jenis buah dan sayuran untuk menu salad dengan tiga jenis saus. Sementara Paparon’s Pizza menawarkan 12 macam buah dan sayuran dengan dua jenis saus. Dua restoran itu memiliki dua jenis saus yang sama yakni thousand island dan mayonnaise dressing. Khusus di Pizza Hut, ada saus khusus yakni fruit dressing.

Masing-masing resto itu mengandalkan thousand island tapi memiliki ciri khas rasa yang berbeda. “Thousand island ini dibikin sendiri dan menjadi saus andalan. Saus ini kombinasi rasa manis, asam dan asin. Saus ini dibuat dari bahan mayonaise dicampur dengan saus tomat dan telur. Rasanya memang beda. Biasanya pelanggan yang datang langsung menyiramkan tiga saus di bagian atas buah dan sayuran yang diambil,” ujar Restaurant Manager Pizza Hut Solo, Wido Siswanto, saat dijumpai Solopos.com, Rabu (24/10/2012).

Beberapa buah yang disajikan di Pizza Hut meliputi semangka, melon dan pepaya. Ada aneka sayuran dan kacang-kacangan seperti daun lecttus, wortel, buncis, mentimun, tomat dan kacang merah. Ada juga parutan telur rebus dan wortel serta jeli berbentuk dadu warna hijau. Di tempat ini, orang cukup bayar Rp24.000 bisa mengambil semua jenis buah dan sayuran plus saus sesuai selera. Tapi enggak boleh menambah. “Kalau menambah, ya bayar lagi. Untuk paket hemat, kami menyediakan paket sup dan salad cukup dengan Rp30.000/orang. Padahal untuk sup saja harganya Rp10.000/orang. Ya, hemat Rp4.000,” tambahnya.

Berbeda dengan di Paparon’s Pizza yang memasang harga lebih miring karena variasi buah dan sayurannya pun relatif sedikit. Salad hanya Rp20.000/porsi dan sup Rp8.000/porsi. Ada paket hemat juga, yakni Rp25.000 plus pajak untuk paket sup dan salad. Sebenarnya hampir sama dengan di Pizza Hut. Di Paparon’s Pizza, rasa sausnya lebih legit. Ada rasa asam bercampur dengan manis dan asin. Siapa pun penikmat salad bakal ketagihan dengan kombinasi rasa pada thousand island. Apalagi bila dinikmati dengan buah atau sayuran, seperti bawang bombai yang diiris berbentuk cincin. Rasa bawang bombai akan lebih mantap dengan saus jenis ini.

“Saus ini dibikin sendiri karena menjadi andalan di restoran ini. Biasanya dua saus, yakni thousand island dan mayonnaise dressing disiramkan pada buah dan sayuran sesuai selera. Buahnya macam-macam, ada semangka, nanas dan melon. Kami menyebutnya salad bar. Ada juga aneka sayuran, mulai dari lecttus, jamur, bawang dan jagung manis,” jelas Leader Kicthen Paparon’s Pizza Solo, Artha Aji Wibowo, mewakili Manager Paparon’s Pizza Solo, Bowo Haryanto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya