SOLOPOS.COM - General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pelaksana proyek penggantian Jembatan Jurug B Solo akan mengadakan selamatan terlebih dahulu sebelum  membongkar jembatan tersebut pada pekan depan. Sesuai rencana, Jembatan Jurug B akan ditutup mulai Senin (19/9/2022).

Tujuan selamatan itu yakni mengharapkan berkah dan diberikan kelancaran saat proses pengerjaan Jembatan Jurug B. Nantinya pelaksana proyek akan mengundang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Bupati Karanganyar Juliyatmono pada acara selamatan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha KPBU Penggantian dan atau Duplikasi Jembatan Rangka Baja Callender Hamilton se-Pulau Jawa, Bambang Nurhadi, mengungkapkan hal tersebut saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (15/9/2022).

“Jadi saat Senin (19/9/2022) Jembatan Jurug B mulai ditutup, kami lakukan persiapan untuk selamatan. Kan Sungai Bengawan Solo juga termasuk cukup sakral, jadi kami mengadakan selamatan, mungkin Selasa (20/9/2022) atau Rabu (21/9/2022). Saya mengajukan jadwalnya di tanggal itu. Jadi Kamis (22/9/2022) ya show must go on dan pembongkaran dilakukan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan akan mengundang sejumlah pemangku kepentingan, mulai dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo dan Dishub Karanganyar, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Baca Juga: Penutupan Jembatan Jurug B Solo Diundur, MRLL dan Persiapan Sarana Belum Matang

Linimasa Pekerjaan

“Kami melihat jadwal mereka seperti apa, yang pasti kami ingin mengadakan selamatan dulu sebelum Jembatan Jurug B ini dibongkar,” jelasnya. Linimasa penggantian Jembatan Jurug B sudah dimulai 6 Agustus 2022 lalu dengan tahap persiapan.

Selanjutnya pembongkaran Jembatan Jurug B Solo dijadwalkan pada 18 September hingga 19 November 2022. Pembongkaran dilanjutkan dengan pekerjaan konstruksi jembatan baru pada 6 November 2022-1 Juli 2023.

Sedangkan pekerjaan oprit jembatan pada 12 Maret-15 April 2023, perkerasan jalan/aspal pada 23 Juni-22 Juli 2023. Terakhir tahap perapihan dan lain-lain pada 16 Juli-5 Agustus 2023.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Solo Gunakan Struktur Box Girder, bakal Jadi Cantik dan Megah

Seperti diketahui, penutupan Jembatan Jurug B yang tadinya dijadwalkan Minggu (18/9/2022) diundur pada Senin (19/9/2022) karena masih perlu pematangan persiapan sarana, prasarana, dan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL).

Dishub dan instansi terkait akan mengadakan sosialisasi dulu dengan menyebar pamflet di kawasan Palur. Rencananya, Jembatan Jurug B Solo akan ditutup Senin pukul 10.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya