SOLOPOS.COM - Permaisuri Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, GKR Hemas (kiri) saat prosesi siraman Erina Gudono. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Solopos.com, SLEMAN – Rangkaian proses pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, telah dimulai sejak Jumat (9/12/2022). Salah satu rangkaian acara tersebut adalah upacara siraman yang dilakukan kedua calon mempelai di rumahnya masing-masing.

Calon mempelai perempuan, Erina Gudono, melakukan siraman di kediamannya daerah Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jumat pagi. Air yang digunakan siraman oleh Erina ternyata berasal dari tujuh sumber yang beberapa di antaranya terbilang sakral.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketujuh sumber air siraman Erina itu di antaranya bahkan diambil dari Masjidil Haram, yakni air zamzam. Selain air zamzam, air siraman Erina juga berasal dari kediaman calon pengantin pria, calon pengantin wanita, Kraton Ngayoyakarta Hadiningrat, Kraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, dan Pakualaman.

Ekspedisi Mudik 2024

Sejumlah tamu juga turut serta dalam proses siraman. Seperti Permaisuri GKR Hemas, istri Wakil Gubernur, GKBRAy Atika Purnomowati; Siti Faridah Pratikno, Sutati Muhaimin, Zulaikha Surenggane, dan Nyai Hj. Fatimatuz Zahro.

Setelah mengikuti siraman, Erina dikeringkan dan dikenakan singep kain batik bermotif grompol. Pengenaan kain batik bermotif grompol di pundak Erina diyakini memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan segala cinta dari kedua keluarga.

Baca juga: Detik-Detik Presiden Jokowi Tiba di Kediaman Erina Gudono di Sleman

Grompol memiliki arti menyatu dan rukun. Sedangkan kain batik yang dikenakan saat menjalani upacara siraman bermotif nogosari. Lalu dilakukan pemotongan rambut Eria di tiga bagian.

Bagian dahi bermakna ikhlas, siap meninggalkan masa muda dan lajang. Rambut di ubun kepala mengingatkan untuk selalu rendah hati. Dan rambut bagian tengkuk mengingatkan agar berani untuk introspeksi diri.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja dengan judul Siraman Erina Gudono, Air dari 7 Sumber, Batik Grompol, hingga Pemotongan Rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya