SOLOPOS.COM - ilustrasi (faktailmiah.com)

ilustrasi (faktailmiah.com)

JOGJA—Sejumlah ilmuwan dari Organisasi Penelitian Nuklir Eropa (CERN) berusaha menguak rahasia alam semesta purba. Mereka mengembangkan penelitian menggunakan ion berat di Large Hadron Collider (LHC) CERN1.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kolaborasi perangkat canggih mereka ALICE, ATLAS dan CMS telah membuat pengukuran baru tentang jenis benda yang kemungkinan ada di masa awal alam semesta.

Eksperimen itu dilakukan selama empat minggu operasional LHC pada 2011 lalu dan mendapatkan data 20 kali lebih banyak dibanding eksperimen 2010. Hasil penelitian tersebut akan disampaikan dalam konferensi 2012 Quark Matter di Washington DC.

“Bidang fisika ion berat sangat penting untuk menyelidiki keberadaan materi alam semesta purba. Hal itu menjadi salah satu kunci masalah yang harus dipecahkan. Para ahli fisika di LHC kini tengah meneliti fenomena penting lain tentang tabrakan proton-proton,” ujar Director General CERN, Rolf Heuer dalam rilis pers yang diterima Harian Jogja, Selasa (14/8).

Ilmuwan CERN sebelumnya menyita perhatian dunia atas keberhasilan mereka menemukan materi Higgs Boson yang menjadi pembuka pintu mempelajari terbentuknya alam semesta.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya