SOLOPOS.COM - Tiga anggota Bawaslu Jateng yang baru saja dilantik dari kiri ke kanan, Achmad Husain, Diana Ariyanti, dan Muhammad Amin. (Solopos.com-Bawaslu Jateng).

Solopos.com, SEMARANG — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) melantik tiga anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) di Hotel Mercuri Harmoni, Jakarta, Rabu (21/9/2022). Ketiga Bawaslu Jateng yang baru disahkan itu adalah Muhammad Amin, Diana Ariyanti, dan Achmad Husain.

Total ada sekitar 75 anggota Bawaslu dari 25 provinsi di Indonesia yang dilantik Ketua Bawaslu RI, Rahmad Bagja, dalam kesempatan itu. Dari 75 anggota Bawaslu yang baru dilantik itu tiga di antaranya berasal dari Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketiga Bawaslu Jateng itu yakni Muhammad Amin yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bawaslu Kota Semarang. Kemudian, Diana Ariyanti yang sebelumnya menjadi anggota KPU Provinsi Jateng, dan Achmad Husain yang sebelumnya menjadi anggota KPU Kabupaten Blora.

Ketiganya akan menggantikan anggota Bawaslu Jateng yang masa jabatannya pada tahun 2017-2022 berakhir, yakni Fajar S.A.K.A., Sri Wahyu Ananingsih, dan Sri Sumanta.

Ketua Bawaslu RI, Rahmad Bagja, saat pelantikan berpesan kepada para anggota Bawaslu Provinsi yang baru saja dilantik agar selalu bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, Bagja juga meminta agar para anggota menyesuaikan diri dalam kerja sebagai pengawas pemilu.

Baca juga: Bawaslu Sragen Temukan 3.855 Nama Ganda di Daftar Keanggotaan Parpol

“Apalagi, saat ini tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan,” ujar Rahmad Bagja dalam keterangan tertulis, Rabu (21/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Bagja juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Bawaslu yang telah selesai menjalankan tugasnya. Ia meminta anggota Bawaslu Provinsi yang telah selesai menjalankan tugas agar tetap terhubung dengan Bawaslu.

Ia juga meminta agar foto para anggota Bawaslu yang telah purna-tugas untuk tetap dipajang di Kantor Bawaslu Provinsi. Hal ini bertujuan untuk menghormati jasa-jasa dan agar selalu dikenang dalam kinerja pengawasan pemilu.

Baca juga: Dibuka 21 September, Bawaslu Solo Rekrut 15 Petugas Panwascam Pemilu 2024

Pelantikan anggota Bawaslu Provinsi ini dilakukan setelah proses seleksinya berakhir. Proses seleksi dimulai sekitar lima bulan lalu.

Acara pelantikan Bawaslu Provinsi ini turut dihadiri sejumlah pihak antara lain Sekjen Bawaslu RI, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, Anggota KPU RI, Mochamad Afifuddin, anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Ratna Dewi; dan para ketua maupun anggota Bawaslu provinsi se-Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya