SOLOPOS.COM - Ilustrasi kampus IAIN Salatiga yang kini sudah beralih status menjadi UIN Salatiga. (tipd.iainsalatiga.ac.id)

Solopos.com, SALATIGA — Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Salatiga resmi beralih status menjadi Universitas Islam Negeri atau UIN Salatiga. Keputusan itu ditetapkan dan ditandatangani langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam bentuk Peraturan Presiden atau Perpres.

Dalam Perpres Nomor 88 Tahun 2022 tentang Universitas Islam Negeri Salatiga disebutkan dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan proses integrasi ilmu agama Islam dengan ilmu lainnya, serta mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, perlu menetapkan Peraturan Presiden tentang Universitas Islam Negeri Salatiga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rektor UIN Salatiga, Prof Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag, membenarkan tentang keputusan Presiden Jokowi yang telah mengubah status IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga.

“Iya benar. Surat keputusannya baru kami terima tadi,” ujar Rektor UIN Salatiga, Zakiyuddin, kepada Solopos.com, Jumat (10/6/2022) malam.

Zaki, sapaan Rektor UIN Salatiga, mengaku senang dengan peralihan status dari IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga itu. Ia mengaku menjadi UIN Salatiga merupakan perjuangan sejak 2019.

Baca juga: Jaga Pluralisme, Gus Dur Corner Hadir di Kampus IAIN Salatiga

“Ini adalah bagian dari tahapan proses perjuangan yang sudah kita lakukan sejak 2019, atau sejak awal kali pertama saya diberi amanat sebagai rektor. Berbagai tahapan dan prosedur sudah kami lalui, komunikasi lintas kementerian juga. Akhirnya, upaya kita untuk melakukan alih status bisa tercapai,” ujar Prof Zaki.

Kendati demikian, Zaki mengaku menjadi UIN Salatiga bukanlah akhir dari perjuangan civitas academica kampus perguruan tinggi Islam di Kota Salatiga itu.

“Ini merupakan perjuangan awal untuk membangun Kampus UIN Salatiga sesuai tagline Green Wasathiyah Campus untuk membangun Kota Salatiga dan Indonesia yang didasari nilai-nilai ramah lingkungan dan ramah kemanusian. Selain itu juga menjaga spirit harmoni Kota Salatiga sebagai kota toleran di Indonesia,” imbuhnya.

Baca juga: Tambah 3 Guru Besar, Alih Status IAN Salatiga Jadi UIN di Depan Mata

Selain UIN Salatiga, ada empat kampus perguruan Islam lainnya yang juga ditetapkan Presiden Jokowi menjadi UIN. Keempat perguruan tinggi Islam yang beralih status menjadi UIN  itu yakni UIN Mahmud Yunus Batusangkar, UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, dan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya