SOLOPOS.COM - Elon Musk bos Tesla dan SpaceX. (Youtube-TED)

Solopos.com, JAKARTA--CEO Tesla Elon Musk resmi mengakuisisi Twitter Inc. senilai US$44 miliar atau setara Rp683 triliun.

Dilansir Bisnis.com dari Bloomberg pada Jumat (28/10/2022), pemegang saham publik Twitter akan pemerima pembayaran senilai US$54,2 per saham sesuai kesepakatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan ini, Twitter resmi delisting dari bursa saham AS. Setelah mengambil kendali Twitter, Elon langsung merombak jajaran pimpinan media sosial ini.

Dia mencopot Chief Executive Officer Twitter Parag Agrawal; Head of Legal Vijaya Gadde, Chief Financial Officer Ned Segal,dan penasihat umum Twitter Sean Edgett.

Penyelesaian akuisisi ini menutup kisah panjang proses akuisisi yang penuh dengan drama.

Baca Juga: Elon Musk akan Tetap Danai Starlink di Ukraina

Elon Musk mulai mengakumulasi saham Twitter sejak Januari. Pada Maret, dia mengungkapkan rencana akuisisi dan telah mencapai kesepakatan harga dengan Twitter.

Namun, Elon kemudian secara sepihak memutuskan membatalkan akuisisi. Elon Musk menuduh Twitter tidak jujur mengenai jumlah pengguna bot dan akun palsu di platform media sosial tersebut.

Pembatalan ini berujung pada tuntutan hukum Twitter kepada Elon. Awalnya sidang perdana akan dilangsungkan hari ini, namun pada 4 Oktober, Elon kembali berubah pikiran dan sepakat untuk melanjutkan kesepakatan.

Kendali Elon Musk atas Twitter akan berdampak langsung terhadap operasional Twitter karena banyak idenya tentang bagaimana mengubah perusahaan bertentangan dengan cara yang telah dijalankan Twitter selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Elon Musk Putuskan Lanjutkan Akuisisi Twitter

Elon Musk mengatakan dia ingin memastikan kebebasan berbicara di jejaring sosial, yang kemungkinan berarti standar moderasi konten yang lebih longgar, dan berencana untuk memulihkan beberapa akun profil tinggi yang di-ban karena melanggar aturan, termasuk mantan Presiden AS Donald milik Trump.

Secara lebih luas, inisiatif Elon Musk mengancam membatalkan upaya Twitter selama bertahun-tahun untuk mengurangi intimidasi dan penyalahgunaan di platform.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Sah! Elon Musk Resmi Akuisisi Twitter Rp683 Triliun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya