SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita haid. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang tidak memiliki halangan syar’i. Namun, bagaimana jika seorang wanita tiba-tiba haid menjelang saat buka puasa?

Seperti diketahui, haid merupakan salah satu perkara yang membatalkan puasa. Jadi, wanita yang haid menjelang saat buka wajib membatalkan puasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Nu.or.id, Rabu (29/4/2020), wanita yang mengalami haid di bulan Ramadan wajib mengganti puasa di hari lain. Meski darah haid keluar menjelang saat buka puasa.

“Wanita haid dan nifas mesti berbuka dan meng-qadha puasa tersebut berdasarkan ijma’. Dan jika mereka tetap berpuasa, maka belum sah berdasarkan ijma’,” demikian pendapat dari sejumlah ulama seperti Imam Abu Al Ma’ali Abdul Malik Ibn Abdillah Ibn Yusuf Al Juwaini.

Bidan Puskesmas di Sragen Positif Corona, 70 Warga Diusulkan Rapid Test

Dengan demikian jelas sudah wanita yang haid tidak boleh puasa, meski beberapa menit lagi masuk waktu berbuka. Dia harus mengganti puasa di hari lain setelah Ramadan.

Sudah menjadi kodrat bagi wanita mengalami haid. Ketika haid terjadi saat Ramadan, maka dia tidak boleh salat dan puasa.

Tetapi wanita haid tetap bisa berzikir dan belajar selama Ramadan. Haid tentu tidak menjadi halangan bagi seorang muslimah untuk menambah pengetahuan selama Ramadan.

Janda Tua Sebatang Kara di Kampung Sidomulyo Sragen Ngaku Tak Pernah Dibantu Pemerintah

Selain itu, wanita haid juga bisa bersedekah untuk menambah pahala di bulan suci. Dia juga bisa memberikan makanan untuk orang yang berpuasa di waktu berbuka.

Apalagi Allah menjanjikan pahala besar bagi siapa saja yang memberikan makanan kepada orang yang berpuasa.

“Siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut. Tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun,” demikian bunyi hadis riwayat Tirmizi.

Jadi, segera batalkan puasa saat menyadari keluar darah haid meski di saat menjelang buka. Sebab, haid merupakan perkara yang membatalkan puasa.

Ibu Rumah Tangga Positif Corona Asal Kebakkramat Karanganyar Meninggal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya