SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JOGJA—Emosional dan kegalauan kerap menghantui detik-detik melahirkan terutama bagi ibu yang baru pertama kali mengalaminya. Rasa sakit proses melahirkan memang tidak bisa hilang, meski demikian ada hal yang harus diperhatikan untuk bisa menguranginya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dokter Spesialis Kandungan, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Sulistiari Retnowati menjelaskan persalinan merupakan proses fisiologis atau berkaitan dengan fungsi dan kegiatan kehidupan yang harus dijalani manusia terutama ibu. Karena itu seorang ibu yang akan melahirkan sebaiknya tidak perlu risau dalam menghadapi persalinan. Keyakinan dan optimisme yang kuat akan kemampuan melahirkan bayi harus dimiliki seorang ibu ketika jelang menghadapi detik-detik persalinan.

“Menghadapi hari jelang persalinan tidak perlu cemas. Meskipun mungkin pengalaman pertama. Yakinlah persalinan adalah suatu proses yang fisiologis. Ibu-ibu lain bisa sehingga sebaiknya optimis bisa juga,” ungkap Retno kepada Harian Jogja, pekan ini.

Retno menambahkan hal lain yang tidak kalah pentingnya yakni perasaan sabar yang maksimal pada ibu yang akan melahirkan tersebut. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam proses persalinan karena membutuhkan waktu yang lama.

Tidak jarang proses itu mulai dari muncul rasa sakit atau mules hingga bayi lahir dengan selamat bisa sampai 24 jam lebih. Karena itu jika tidak sabar maka bisa berakibat pada keputusasaan. Selanjutnya rasa sabar tersebut perlahan akan memunculkan ketenangan. Dengan ketenangan inilah, kata Retno, akan memicu cepatnya proses persalinan. Sehingga rasa sakit yang dirasakan semakin berkurang.

“Hal yang lain adalah sabar. Persalinan memerlukan waktu yang cukup lama dan terasa nyeri sehingga ibu harus sabar supaya tidak putus asa. Bila ibu tenang maka kontraksi yang timbul akan segera memicu persalinan, pembukaan akan lebih cepat kemajuannya,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya