SOLOPOS.COM - Tampilan iPadOS 16 versi Beta. (Antara/Ho/Apple)

Solopos.com, JAKARTA — Pembaruan sistem baru iPadOS 16 ditunda sekitar satu bulah oleh Apple setelah meluncurkan pembaruan sistem baru untuk perangkat iPhone yaitu iOS 16.

Dikutip dari Antara, biasanya Apple merilis pembaruan sistem iPad dan iPhone secara bersamaan dan belum pernah terpisah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembaruan sistem operasi itu pun biasanya berlangsung di September 2022, dengan adanya rencananya penundaan maka iPadOS akan rilis di Oktober 2022.

Mengutip Bloomberg, Kamis (4/8/2022), penundaan perilisan iPadOS 16 terkendala oleh keinginan Apple meningkatkan lebih baik kemampuan multitasking milik iPad.

Yakni mencakup fitur “Stage Manager” yang memungkinkan pengguna mengoperasikan beberapa tugas secara bersamaan, mengubah ukuran jendela, dan berpindah dengan mudah di antara berbagai kelompok aplikasi.

Baca juga: Resmi Hadir di Indonesia, Harga Redmi 10 5G Hanya Rp2 Jutaan

Apalagi selama pengujian beta, sistem terbaru iPadOS 16 menuai cukup banyak kritikan dari beberapa pengembang aplikasi dan pengguna karena bug.

Kemudian antarmuka yang membingungkan, dan kurangnya kompatibilitas dengan sebagian besar iPad dalam pengujian tersebut.

Dengan dimundurkannya jadwal rilis iPadOS 16 maka Apple nampaknya akan memfokuskan diri untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut.

Perubahan itu juga akan membawa rilis iPadOS 16 lebih dekat ke peluncuran produk iPad terbaru.

Baca juga: Sejak 2018 Kementerian Kominfo Blokir 552.645 Konten Judi Online

Kendati demikian, Apple masih enggan menanggapi informasi tersebut dan mengatakan masih fokus untuk peluncuran produk menjelang musim gugur 2022.

Pada 2022 ini, Apple memang sedikit terlambat menghadirkan pembaruan perangkat lunaknya, terlihat dari jadwal fase beta untuk publik yang dimulai lebih lambat dari biasanya.

Namun, Apple tetap bisa menangani ini mengingat sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi pada saat merilis iOS 13 di 2019 dan berdampak pada debut iPhone 11.

Fitur “Stage Manager” sebenarnya sudah pernah ditampilkan dalam sistem operasi Mac lewat macOS Ventura namun sistem tersebut nampaknya tak mencuri perhatian penggunanya.

Baca juga: Link Download Logo HUT RI Ke-77, Yuk Meriahkan Hari Kemerdekaan

Terkait dengan pembaruan iPadOS 16 beberapa pembaruan yang dibawa di antaranya peningkatkan aplikasi cuaca, tampilan eksternal, hingga Stage Manager.

Sementara untuk pembaruan iOS 16 mencakup desain ulang layar kunci, kemampuan untuk menarik kembali pesan di iMessage dan aplikasi Home yang didesain ulang untuk mengontrol aksesori.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya