SOLOPOS.COM - Petani Demak menanam tembakau di sawah bekas padi, Jumat (3/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

RUU Pertembakauan dibahas Pansus DPR demi mendengar masukan Pemprov Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sejumlah anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Pertembakauan DPR beraudiensi dengan jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. “Tujuan kami ke sini untuk mengetahui kondisi pertembakauan di Jateng, sekaligus mendengar masukan dari jajaran pemerintah di sejumlah provinsi penghasil tembakau terbesar di Indonesia, salah satunya Jateng,” kata Wakil Ketua Pansus RUU Pertembakauan Bambang Haryadi di Semarang, Selasa (11/7/2017).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Ia menjelaskan bahwa pembahasan RUU Pertembakauan akan fokus membahas beberapa hal seperti pembagian cukai, perbandingan penyerapan antara tembakau impor dan lokal bagi industri rokok, hingga mempertegas Peraturan Pemerintah mengenai aturan pembelian rokok. “Terkait dengan hal itu, kami menerima semua masukan, baik dari pihak yang pro maupun kontra, termasuk para pemangku kepentingan dan petani tembakau,” ujar politikus Partai Gerindra itu.

Menurut dia, hal tersebut merupakan rangkaian mekanisme yang harus ditempuh untuk mendapatkan komposisi yang proporsional dalam pengesahan RUU Pertembakauan. “Kami berharap semua pihak terkait dapat berkolaboarasi menyatukan ide sehingga RUU bisa segera disahkan menjadi UU yang bermanfaat bagi semua pihak,” katanya.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku akan mengakomodasi semua masukan dari pihak industri rokok dan petani tembakau terkait dengan pembahasan RUU Pertembakauan Intinya, kata dia, petani tembakau ingin hasil panen mereka diserap industri dan mereka pun ingin ada ketentuan penggunaan tembakau impor dibatasi hanya 20 persen “Di sini pemerintah harus hadir, slah satunya memfasilitasi petani agar hasil panen mereka sesuai dengan kriteria yang diinginkan industri,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya