SOLOPOS.COM - Segelas kopi (Arif Fajar S/JIBI/SOLOPOS)

Segelas kopi (Arif Fajar S/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Sebuah studi baru berhasil mengungkapkan manfaat lain dari minum kopi. Kandungan kafeinnya sering disebut berefek buruk untuk kesehatan. Namun penelitian yang dilakukan Mayo Clinic, justru menyebutkan rutin minum kopi berefek positif bagi kesehatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Minum kopi sangat banyak manfaatnya, seperti dapat memicu libido lebih kuat, efektif mencegah stroke, hingga dapat membantu menurunkan berat badan. Kini sebuah studi baru menemukan bahwa kopi dapat menurunkan risiko penyakit hati.

Penyakit hati adalah jenis penyakit kronis Karena itulah Mayo Clinic melakukan sebuah studi baru yang melibatkan pasien dengan penyakit saluran empedu. Penyakit ini menyebabkan peradangan di hati atau primary sclerosing cholangitis (PSC). Juga pasien dengan penyakit autoimun di hati atau primary biliary cirrhosis (PBC) dan sekelompok pasien tanpa penyakit keduanya.

Hasilnya, mereka yang cenderung lebih banyak atau lebih sering minum kopi, memiliki risiko lebih sedikit untuk mengalami peradangan pada hati atau PSC. Penelitian yang melibatkan 1.334 pasien tahun 2002-2012 ini, meminta pasien untuk menjawab kuesioner minum kopi.

Berdasarkan kuesioner rata-rata pasien dengan PSC minum kopi sebanyak 50 cangkir per bulan. Sedangkan pasien tanpa PBC dan PSC mengaku minum kopi sekitar 78 gelas per bulan. Jumlah minum kopi yang lebih banyak ini membuat mereka terhindar dari risiko penyakit hati.

Menurut penelitian dari University of Tampere di Finlandia, kandungan kafein dalam kopi terbukti memiliki manfaat untuk melindungi hati dari efek negatif minuman beralkohol. Disinilah kopi akan memberikan pertahanan untuk mengurangi aktivitas enzim dari alkohol dan meningkatkan perlindungan pada hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya