SOLOPOS.COM - Angkutan pengumpan (feeder) Batik Solo Trans. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO — Rute koridor 10 feeder Batik Solo Trans atau BST berubah akibat proyek penggantian Jembatan Jurug B, Solo, mulai Senin (19/9/2022). Tujuh halte di wilayah Pucangsawit tidak dilewati angkutan pengumpan BST itu.

Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Yulianto Nugroho, menjelaskan Koridor 10 dari timur ke barat tidak ada perubahan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Rutenya Terminal Palur – Jl Ir Juanda – Jl HOS Cokroaminoto – Jl Surya – Jl Yap Tjwan Bing – Jl Ir Juanda – Jl Jend Urip Sumoharjo – Jl Jenderal Sudirman – Jl Pakubuwono –  Jl  Alun-alun Utara – Pasar Klewer.

Rute semula Koridor 10 feeder BST Solo dari barat ke timur, yaitu  Pasar Klewer –  Alun-alun Utara – Jl Kyai Gede Sala – Jl Kapten Mulyadi – Jl Mayor Kusmanto – Jl Jenderal Sudirman. Kemudian Jl Urip Sumoharjo – Jl Ir Juanda – Jl Yap Tjwan Bing – Jl Surya – Jl HOS Cokroaminoto – Jl Ir Juanda – Jl Amarta- Terminal Palur.

Ekspedisi Mudik 2024

Rute baru mulai Senin tidak melewati bawah Jembatan Jurug di Pucangsawit. Rutenya menjadi Pasar Klewer –  Alun-alun Utara – Jl  Kyai Gede Sala – Jl Kapten Mulyadi – Jl Mayor Kusmanto – Jl Jenderal Sudirman. Kemudian Jl Urip Sumoharjo – Jl Ir Juanda – Jl Yap Tjwan Bing – Jl Surya – Jl HOS Cokroaminoto – Jl Ir Sutarmi – Jl Amarta – Terminal Palur.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Ditutup, Bus BST Solo Koridor 4 Tak Lewat Belakang Kampus UNS

Menurut Yulianto, ada tujuh halte atau bus stop arah ke Palur yang tidak dilewati feeder koridor 10. Halte itu yakni Halte Sari Warna, Halte tambal ban Jonasan, Halte Alfamart Jonasan, Halte Perdana Oli, Halte Boeing Center, Halte Pasar Pucangsawit, dan Halte Tugu Adipura Jurug.

Dipasangi Barikade

Sebelumnya, rute Koridor 4 BST juga berubah akibat proyek penggantian Jembatan Jurug B, Solo mulai Senin (19/9/2022). Enam halte yang berada di Jl Ki Hajar Dewantara dan Jl KH Maskur di belakang kampus UNS tidak dilewati BST.

“Mulai besok [Senin], karena jalannya sudah dipasangi barikade,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu malam. Dia mengatakan Dishub Solo menyesuaikan dengan jadwal dari pelaksana proyek.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Ditutup, Dishub Solo: Jembatan Jurug C Tetap Jadi Jalur Utama

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dishub, dan Satlantas Solo telah membuat rekayasa lalu lintas penggantian Jembatan Jurug B. Rekayasa lalu lintas berlaku sampai 5 Agustus 2023.

Dishub Solo melalui akun Instagram @dishubsurakarta menjelaskan lalu lintas dari Kota Solo menuju Palur hanya bisa diakses dari jalan Ir Sutami. Lalu lintas dari Jl Ir Sutami bisa ke timur menuju Palur dan atau menuju Jl Ir Juanda (Pucangsawit), belok kiri ke arah Jl KH Maskur.

Lalu lintas dari Jl KH Maskur wajib ke kiri menuju Jl Ir Juanda (Pucangsawit). Lalu lintas dari Jl Ir Juanda wajib ke kiri menuju Jl Ir Sutami dan tidak diperbolehkan berputar arah menuju Palur.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Solo Ditutup Senin, Kendaraan dari Palur Sudah Padat Merayap

Lalu lintas dari Palur ke Kota Solo bisa melalui Jl Ir Sutami dan atau Jl Juanda (Pucangsawit). Jembatan Jurug C difungsikan menjadi dua arah menggunakan satu lajur tiap arah dan diberikan median jalan sebagai pemisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya