SOLOPOS.COM - Bus Batik Solo Trans (BST) Koridor I dan II melintas di dekat Tugu Pamendangan, Jl Jenderal Sudirman, Solo, seusai peresmian, Selasa (29/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo mengubah rute bus Batik Solo Trans atau BST Koridor 2 mulai Selasa (1/2/2022). Perubahan rute itu untuk mengakomodasi permintaan dari Universitas Islam Batik (Uniba) Solo yang menginginkan kampusnya dilewati bus BST.

BST rute Terminal Palur-Sub Terminal Kerten PP itu kini melintasi Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Radjiman, dan Jl Agus Salim untuk rute barat menuju timur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Detailnya, rute dari timur ke barat: Terminal Palur – Jl Ir Sutami – JI Kol Sutarto – JI Monginsidi – JI Gajah Mada – JI Yosodipuro – JI Cipto Mangunkusumo – JI Slamet Riyadi – Solo Center Point/Purwosari – Flyover Purwosari (tanpa melewati Stasiun Purwosari) – Sub Terminal Kerten.

Baca Juga: Baru Meluncur, BST Solo Rute Bekonang Langsung Kebanjiran Penumpang

Kemudian rute bus BST koridor 2 Solo dari barat menuju timur, Sub Terminal Kerten – Faroka – JI Prof Soeharso – JI Adi Sucipto – Jl dr Moewardi – JI Slamet Riyadi – JI Perintis – Jl Radjiman – JI Agus Salim – JI Slamet Riyadi – JI Cipto Mangunkusumo (timur Paragon Mall).

Lanjut ke JI Yosodipuro – JI Gajah Mada – JI Monginsidi – JI Kol Sutarto – JI Ir Sutami – Terminal Palur. Kabid Angkutan dan Perparkiran Dishub Kota Solo, Yulianto Nugroho, mengatakan perubahan rute tersebut untuk mengakomodasi permintaan Universitas Islam Batik (Uniba).

Manajemen Rekayasa Lalu Lintas

“Kami mengakomodasi permintaan Uniba yang menginginkan agar kampus mereka dilewati BST. Permintaan itu kemudian kami rapatkan bersama Kementerian Perhubungan [Kemenhub] karena terkait layanan buy the service, dan akhirnya diizinkan,” katanya kepada Solopos.com, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga: Mau Naik Bus di Solo? Ini Daftar Lengkap Rute 12 Koridor BST dan Feeder

Selain alasan tersebut, perubahan rute BST koridor 2 Solo itu juga terkait dengan manajemen rekayasa lalu lintas, khususnya di U-Turn Purwosari. Pada jam-jam sibuk, kawasan tersebut kerap macet panjang sehingga kadang tak memungkinkan untuk memutar.

Dishub lantas menambah titik setop bus di rute baru itu, di antaranya di depan Hotel Aston dan depan Uniba. Kemudian, setop bus lama di dekat Pasar Kabangan kembali digunakan, juga di depan SD Djama’atul Ichwan.

Baca Juga:Lewat Koridor 1 BST, Ini Rute Bus Low Deck Ramah Difabel di Solo

“Kami sempat menguji coba dan ternyata memungkinkan, sehingga usulan kami sampaikan ke Kemenhub. Rapat dilakukan akhir Januari dan diakomodasi,” jelasnya.

Direktur PT Bengawan Solo Trans selaku operator bus BST Solo, Sri Sadadmojo, mengatakan BST Koridor 2 mengoperasikan 16 unit bus dan banyak melayani pelajar dan pedagang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya