SOLOPOS.COM - Airbus A320 milik maskapai Batik Air (Airbus.com)

Rute baru penerbangan Solo-Jakarta disiapkan Batik Air. Rencananya maskapai penerbangan itu akan terbang setiap hari melalui Bandara Halim Perdana Kusuma.

Solopos.com, SOLO — Maskapai Batik Air dipastikan akan meramaikan penerbangan Solo-Jakarta mulai Jumat (27/3/2015). Namun, sampai saat ini penjualan tiket anak perusahaan Lion Group untuk rute baru penerbangan itu belum dijual.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manager Operasional dan Teknik PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya W., mengatakan berdasarkan surat keterangan yang diterimanya, Batik Air direncanakan mulai melayani rute baru penerbangan itu, Jumat. Maskapai full service ini akan terbang setiap hari untuk melayani rute Solo-Jakarta melalui Bandara Halim Perdana Kusuma.

Dia mengatakan maskapai ini dijadwalkan berangkat melayani rute baru penerbangan tersebut pada pukul 16.05 WIB dari Halim Perdana Kusuma dan 18.05 WIB dari Solo. Jenis pesawat yang akan digunakan adalah Airbus A320 dengan kapasitas 189 penumpang.

“Rute Solo-Halim Perdana Kusuma ini cukup menarik karena akses ke Jakarta lebih cepat dan terhindar dari macet yang dialami ketika harus naik atau turun dari Cengkareng [Bandara Soekarno Hatta]. Selain itu, selama ini load factor Solo-Halim Perdana Kusuma juga cukup bagus,” ungkap Yaka saat dihubungi Solopos.com, Senin (23/3/2015).

Diakuinya, jadwal keberangkatan rute baru penerbangan tersebut tidak jauh berbeda dengan Citilink yang sudah lebih dulu mengoperasikan rute ini. Menurut dia, pemilihan slot time sore karena berhubungan dengan rotasi pesawat. Saat ini, Batik Air belum memiliki counter tersendiri di bandara tapi masih menjadi satu dengan counter Lion Air.

Tingkatkan Penumpang
Pembukaan rute baru penerbangan ini diharapkan bisa meningkatkan penumpang yang selama ini mencapai 1.500-2.000 orang per hari. Sebelumnya, beberapa maskapai juga mengajukan pembukaan rute baru, seperti Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air. Namun, hingga kini belum ada maskapai yang memasukkan surat secara resmi.

Hal ini karena masih menunggu persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Selain itu, pihaknya juga masih terus mengupayakan membuka rute Solo-Jeddah mengingat potensinya yang sangat besar.

Di lain pihak, Manager Operasional Rosalia Indah Tour and Travel, Endang Sri Rejeki, mengatakan hingga kini belum menjual tiket Batik Air untuk rute Solo-Jakarta. Hal ini karena sistem penjualan tiket ini belum tersedia. Menurut dia, berdasarkan agent news yang terdapat di situs Batik Air menyebutkan rute ini akan dioperasikan pada Jumat (3/4/2015).

“Di sistem belum ada penjualan tiket Batik Air Solo-Jakarta jadi kami belum bisa menjual tiketnya. Mungkin saat ini sistemnya masih dipersiapkan. Kalau rute ini resmi dioperasikan, berarti semakin banyak pilihan bagi masyarakat untuk menuju Jakarta,” ujarnya saat dihubungi secara terpisah.

Menurut dia, peminat rute Solo-Halim Perdana Kusuma cukup banyak. Apalagi saat banjir melanda Jakarta beberapa waktu lalu, banyak penumpang yang memanfaatkan rute ini untuk menuju Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya