Rusunawa Bakal Dibangun di Bekas Bong Cino Madiun

Makam di Madiun Kota dibongkar untuk penyiapan lahan pembangunan Rusunawa.

Solopos.com, MADIUN – Sejumlah ahli waris membongkar makam di area Makam Cina atau Bong Cino di Jl Hayam Wuruk, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun. Bekas makam ini nantinya bakal menjadi lahan dibangunnya rumah susun sederhana sewa atau Rusunawa.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun, Totok Sugiarto, mengatakan pembongkaran makam secara mandiri mulai dilakukan. Menurut informasi dari ahli waris, ada dua makam yang dibongkar.

Pembongkaran makam ini menjadi salah satu persiapan untuk pembangunan rusunawa di kawasan tersebut. Rencananya, rusunawa bakal dibangun mulai awal tahun depan.

Baca Juga: Video Rekaman CCTV Pencurian ke-7 Kotak Infak di Karanganyar

Totok menuturkan kawasan ini merupakan tanah aset Pemkot Madiun. Selain itu, Makam Cina ini juga sudah lama tidak berfungsi. Artinya sudah tidak ada yang dimakamkan di tempat ini.

Selain itu, area makam ini termasuk kawasan strategis yang berlokasi di pinggir jalan utama. Sehingga kawasan ini menjadi strategis dari sisi pengembangan ekonomi.

Baca Juga: Keren, Wajah Baru Pemandian Air Panas Bayanan Sragen

Menurut pantauan Solopos.com, Kamis (2/12/2021), ada dua makam yang dibongkar secara mandiri oleh ahli waris. Pembukaan makam tersebut membutuhkan waktu cukup lama karena harus membongkar bangunan seperti kijing. Bahkan di dalam liang makam juga ada bangunan cor-coran yang membuat penggalian membutuhkan tenaga ekstra.

Setelah berhasil dibongkar, pekerja pembongkaran makam itu mengangkat sisa tulang dan barang-barang yang ikut dimakamkan. Di salah satu makam, bahkan ada kain sisa pakaian dan dasi yang masih utuh. Padahal makam itu sudah ada sejak tahun 1970-an.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago