SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN – Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Kota Madiun yang berada di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, mulai ditempati para penghuni, Jumat (14/12/2018).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Madiun, Soeko Dwi Handiyanto, mengatakan lima keluarga telah menempati rusunawan tersebut. Pemkot menargetkan 52 keluarga lain bisa menempati kamar-kamar rusunawa sebelum lewat tahun 2018.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Soeko menuturkan proses pindahan dari rumah ke rusunawa difasilitasi penuh oleh Pemkot Madiun. Petugas menjemput warga di rumahnya menggunakan pikap. Namun, ada juga warga yang pindahan secara mandiri.

“Penghuni dilarang membawa peralatan yang sudah disediakan di rusunawa. Seperti lemari, meja, kasur, kursi, dan tempat tidur,” terang Soeko.

Untuk saat ini, para penghuni yang telah menempati rusunawa tidak dipungur biaya sewa. Penarikan sewa akan dilakukan setelah bangunan tersebut diserahterimakan ke Pemkot Madiun.

Serah terima gedung dari pemerintah pusat ke pemerintah kota masih dalam proses. “Diharapkan rusunawa ini bisa segera dimanfaatkan. Tapi aturannya kan menyebut uang sewa baru setelah serah terima. Sementara ini fasilitas bisa ditempati secara gratis,” kata dia.

Soeko menyampaikan setelah bangunan rusunawa ini dihuni, akan ada dua rusunawa lain yang bakal dibangun. Dua rusunawa itu berada di gedung rusunawa yang sekarang. Nantinya rusunawa di kawasan ini akan membentuk huruf U.

Diharapkan nantinya masyarakat kurang mampu yang belum mempunyai rumah dan menempati aset Pemkot Madiun bisa berpindah ke rusunawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya