SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Para penyewa Rusunawa di dekat TPA Putri Cempo akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas mewah.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo menyebut Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) terbaru yang tengah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di dekat Tempat Pembungan Sampah Akhir (TPA) Putri Cempo, Kelurahan Mojosongo, Jebres, akan dijejali furnitur lengkap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sewa Disperum KPP Solo, Toto Jayanto, mengatakan Rusunawa Putri Cempo B tersebut dibangun dengan dana pemerintah pusat senilai Rp18 miliar. Nominal dana pembangunan Rusunawa itu lebih besar ketimbang pembangunan rusunawa lain yang lebih dulu didirikan di Kota Bengawan.

Dia menyebut rata-rata rusunawa di Solo sebelumnya dibangun dengan dana Rp16 miliar. Toto Jayanto menuturkan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR menyediakan anggaran lebih besar untuk pembangunan rusunawa terbaru karena menyesuaikan kebijakan sekarang bahwa perhitungan kebutuhan tempat tinggal per orang menjadi 9 meter persegi. (Baca: Rusunawa TPA Putri Cempo Tak Bisa Tampung Seluruh Warga Bantaran Kali Anyar)

Artinya, jika dihitung rata-rata sekeluarga terdiri empat orang, pemerintah perlu menyediakan tempat tinggal di rusunawa seluas 36 meter persegi. “Unit hunian pada Rusunawa Putri Cempo B dibangun dengan tipe 36. Kondisi ini berbeda dengan unit hunian pada rusunawa yang dibangun sebelumnya, yakni tipe 24. Dulu perhitungan kebutuhan tempat tinggal per orang masih 6 meter persegi. Sekarang anggaran diperbesar untuk menyediakan hunian yang lebih layak untuk masyarakat,” kata Toto saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (12/12/2017).

Toto mengatakan dari segi fasilitas penunjang, Rusunawa Putri Cempo B juga akan dibuat lebih lengkap ketimbang rusunawa lainnya. Dia menyebut rusunawa terbaru bakal dilengkapi furnitur atau mebeler yang lebih komplet, yakni dua dua tempat tidur, dua almari, satu set meja makan, dan sofa di ruang tamu.

Toto menyebut fasilitas pada kamar mandi bahkan akan dilengkapi shower. Pemasangan shower dinilai efektif agar para penghuni lebih hemat lagi dalam pemakaian air.

“Unit Rusunawa terbaru ini akan punya dua kamar. Satu kamar untuk orang tua, lainnya untuk anak. Meski dari luasan dan fasilitas lebih baik, tarif sewa rusunawa ini nantinya sama dengan rusunawa sebelumnya. Bagi penghuni di lantai I akan dikenakan tarif sewa senilai Rp100.000/bulan, lantai II senilai Rp90.000/bulan, lantai III senilai Rp80.000/bulan, dan lantai IV senilai Rp70.000/bulan,” terang Toto.

Toto menyampaikan pembangunan Rusunawa Putri Cempo B kini hampir selesai. Dia memprediksi awal tahun depan rusunawa tersebut bisa mulai dihuni warga yang mendaftar. Toto memastikan Disperum KPP belum menentukan siapa saja yang akan menempati Rusunawa Putri Cempo B.

Disperum KPP kini masih membuka pendaftaran bagi warga. Syarat warga bisa mendaftar menempati rusunawa, yakni punya penghasilan dengan besaran UMK, ber-KTP Solo, sudah menikah, dan membuat surat keterangan tidak punya rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya