Rusun ASN Kementerian PUPR di Semarang Jadi Lokasi Isolasi
Solopos.com|jateng

Rusun ASN Kementerian PUPR di Semarang Jadi Lokasi Isolasi

Gedung rusun ASN milik Kementerian PUPR di Semarang dijadikan tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19.

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya melakukan penambahan tempat isolasi terpusat guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Terbaru, Pemprov Jateng meminjam rumah susun alias rusun aparat sipil negara atau ASN milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR di Kelurahan Sumurboto, Banyumanik, Kota Semarang sebagai tempat isolasi terpusat.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan sejak terjadi peningkatan kasus Covid-19 secara eksponensial di Jateng, pihaknya meminta Satgas Covid-19 Jateng dan kepala daerah untuk mencari alternatif bangunan yang bisa dipakai untuk isolasi terpusat

Baca Juga: Ini Kiat Mencegah Intervensi Pihak Ketiga di Akun Google

“Salah satunya rusun milik Kementerian PUPR ini. Saya sudah izin ke Pak Basuki [Menteri PUPR] malah dibantu mengkondisikan untuk dijadikan tempat isolasi terpusat,” ujar Ganjar saat meninjau rusun milik Kementerian PUPR, Selasa (22/6/2021).

Ganjar mengatakan rusun itu sebenarnya diperuntukan bagi aparatur sipil negara atau ASN Kementerian PUPR di Balai Besar Wilayah Sungai alias BBWS Pemali Juwana di Semarang.  Namun gedung yang baru selesai dikerjakan itu belum digunakan.

Gedung Dipinjam

Oleh karena itu, Ganjar pun langsung meminjam gedung tersebut sebagai tempat isolasi terpusat selama pandemi Covid-19. “Ini rusun ASN yang belum dipakai. Ada kurang kebih 94 ruang. Kalau satu ruangan diisi dua orang lumayan bisa menampung banyak. Tempatnya juga representatif, bagus,” jelasnya.

Ganjar memastikan gedung itu bisa menjadi tempat isolasi yang nyaman. Setiap ruangan berukuran 4,5×6 meter. Selain itu, tiap ruangan memiliki satu kamar ukuran besar dan satu kamar dengan tempat tidur bertingkat. Tiap ruangan juga memiliki satu ruang tamu ditambah tempat tidur, kamar mandi, dan dapur.

Baca Juga: Ingat, Cek Saldo & Tarik Tunai di ATM Link Dikutip Biaya!

“[Bangunan] ini untuk mengantisipasi kalau nanti ada out break dan kemudian perlu isolasi terpusat. Ini salah satu tempat yang ada di Kota Semarang,” katanya.

Sekadar informasi, zona merah di Jateng saat ini telah mencakup 13 wilayah. Guna mengantisipasi tingginya kebutuhan tempat tidur untuk isolasi pasien, maka dibutuhkan tempat isolasi terpusat. Rusun ASN Kementerian PUPR Semarang itulah salah satu alternatifnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago