Rusia Melarang Bitcoin, Bagaimana Nasib Bitcoin?

Informasi ataupun berita mengenai Bitcoin itu memang selalu menarik untuk dibaca dan juga biasanya banyak sekali orang yang mencarinya.
SHARE
Rusia Melarang Bitcoin, Bagaimana Nasib Bitcoin?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bitcoin. (Detikinet/DWnews)

Solopos.com, SOLO — Informasi ataupun berita mengenai Bitcoin itu memang selalu menarik untuk dibaca dan juga biasanya banyak sekali orang yang mencarinya.

Ini karena memang nilai ataupun harga dari Bitcoin itu sangat berpengaruh terhadap beberapa hal yang terjadi di dunia. Apalagi kalau beritanya itu sangat berkaitan erat dengan Bitcoin seperti pelarangan atau sejenisnya.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Beberapa waktu belakangan ini ada berita yang memang cukup mengejutkan, karena ternyata Rusia itu akan melarang Bitcoin.

Nah hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada nilai dari Bitcoin itu sendiri, dan mungkin menjadi alasan merosotnya nilai Bitcoin. Dan pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan dulu mengenai keputusan dari Rusia dan juga pengaruhnya pada Bitcoin.

Baca Juga: Akun Youtube Sule Berubah Nama dan Tayangkan Konten Bitcoin

Keputusan Rusia Mengenai Bitcoin

Jadi sebenarnya larangan terhadap Bitcoin di Rusia itu masih berupa wacana, dan masih belum disetujui oleh parlemen di Rusia. Akan tetapi meskipun belum ada keputusan yang jelas, saran yang belum disetujui itu sudah memiliki pengaruh yang cukup besar. Karena terlihat ada dampak bagi Bitcoin terutama dari sisi nilai yang seperti beberapa hari ini semakin merosot saja.

Sebenarnya larangan Bitcoin ini akan berlaku ketika sudah ada keputusan dari parlemen dan berlaku untuk pembelian baru saja. Sehingga bila pembelian terjadi di masa lalu, tentunya itu tidak menjadi masalah dan berarti penyimpanan Bitcoin itu masih diizinkan. Jadi orang-orang yang memiliki Crypto di Rusia sebelum peraturan berlaku, masih tidak masalah bila menyimpannya.

Alasan Rusia Akan Melarang Crypto Termasuk Bitcoin

Memang Rusia ini akan mengeluarkan larangan terhadap Crypto termasuk juga terhadap Bitcoin di negara mereka. Dan memang di tahun 2020 pun sudah ada aturan hukum yang jelas kalau Bitcoin ini tidak bisa dijadikan sebagai alat pembayaran ataupun untuk transaksi. Dan memang ada beberapa alasan mengapa larangan ini muncul di Rusia, dan berikut ini kami akan berikan penjelasannya pada Anda.

Baca Juga: Bea Cukai Semarang Musnahkan Ratusan Mesin Bitcoin, Kenapa?

  1. Alasan paling pertama mengapa Rusia itu melarang Crypto di negara mereka adalah karena sangat rawan menjadi alat transaksi ilegal. Bahkan sangat mungkin Crypto ini akan dijadikan alat untuk pencucian uang atau juga untuk membiayai terorisme di dunia. Kekhawatiran itulah yang membuat Rusia mengambil langkah untuk melarang perdagangan Bitcoin dan penambangan.
  2. Alasan yang kedua adalah soal stabilitas ekonomi, di mana Crypto ini memang tidak bisa dipengaruhi dan dikontrol oleh pemerintah. Sehingga nilai fluktuatif ini sangat bisa merusak kendali suatu negara terhadap moneter dan juga sistem keuangan negara. Kebijakan moneter pun jadi bisa tidak efektif bila ada Crypto tersebut, dan ini menjadi alasan yang utama.
  3. Bank sentral pun menambahkan kalau pertumbuhan dari Crypto sendiri sangat dipengaruhi oleh permintaan yang tentunya spekulatif. Hal ini tentu saja membuat Crypto ini memiliki karakteristik piramida dan memiliki potensi gelembung yang akan mengancam. Sehingga sangat tidak aman untuk stabilitas keuangan dan juga untuk warga negara itu sendiri.
  4. Penambangan Bitcoin itu membutuhkan energi yang sangat besar, dan itu tentunya membuat penambangan jadi tidak ramah lingkungan. Karena itulah Rusia pun mengeluarkan larangan terhadap Bitcoin, karena akan bisa mengancam lingkungan hidup karena penggunaan energi tersebut. Dan ini menjadi alasan yang cukup kuat yang membuat Rusia melarang adanya Crypto.

Baca Juga: Elon Musk Sebut Tesla Kini Dapat Dibeli dengan Pakai Bitcoin

Konsep Larangan Dari Rusia

Sebenarnya Rusia ini memang sedang memikirkan mengenai larangan yang akan mereka pakai untuk Crypto di negara mereka. Karena berdasarkan data Rusia mengatakan kalau larangan dari mereka tidak akan seketat seperti yang pemerintah China lakukan sebelumnya. Nah ada beberapa poin yang menjadi larangan Crypto di Rusia yang membuat banyak orang masih bisa tertarik pada Bitcoin.

  1. Larangan di Rusia adalah larangan untuk orang mempergunakan Crypto sebagai alat pembayaran atau transaksi
  2. Larangan yang kedua adalah orang tidak boleh memperjual belikan Crypto di Rusia, dan orang Rusia pun tidak boleh melakukan jual beli Crypto tersebut.
  3. Rusia pun akan melarang adanya penambangan Bitcoin, karena memang membutuhkan energi yang sangat besar
  4. Larangan Rusia ini berlaku untuk pembelian atau penjualan baru, bila itu dilakukan di masa lalu tentunya tidak akan menjadi masalah

Baca Juga: Ini Perbedaan Bitcoin dengan Libra Buatan Facebook

Dampak Bagi Bitcoin

Sebenarnya beberapa keputusan dari negara itu memang akan langsung berdampak kepada nilai dari Bitcoin itu sendiri. Salah satunya keputusan dari Rusia ini jelas memberikan dampak negatif, karena terbukti nilai dari Bitcoin itu semakin hari semakin menurun. Bahkan sekarang ini nilainya sudah cukup jauh turunnya dan bisa dikatakan cukup anjlok sebenarnya.

Sebenarnya beberapa larangan di Rusia hampir sama dengan Bitcoin Indonesia, karena memang tidak diterima sebagai alat pembayaran. Akan tetapi di Indonesia sampai saat ini masih mengizinkan pembelian Crypto atau Bitcoin sebagai aset atau investasi.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago