SOLOPOS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin (The Guardian)

Solopos.com, JAKARTA—Presiden Vladimir Putin mengumumkan kemenangan Rusia di Kota Mariupol, di bagian selatan Ukraina, Kamis (21/4). Pasukan Rusia diketahui terus mengepung kota tersebut sejak konflik antara kedua negara dimulai sejak 24 Februari 2022.

Selanjutnya, Rusia menegaskan perebutan Kota Donbas, yang merupakan jantung industri dari Ukraina, adalah tujuan utama perang tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bersama dengan deklarasi kemenangan tersebut, Amerika Serikat diketahui terus memberikan bantuan kepada Ukraina, untuk dapat bangkit dan kembali pulih.

Baca Juga: Perundingan Gagal, Putin: Perang Rusia Vs Ukraina Takkan Berakhir

Dilansir dari nbcnews.com, Kamis (21/4/2022), Presiden Joe Biden menyatakan AS akan mengirimkan bantuan sebanyak US$1,3 miliar bagi Ukraina dalam bentuk senjata dan bantuan ekonomi.

Selain itu, Biden juga akan meminta kongres untuk mengizinkan bantuan lebih lanjut bagi Ukraina, jika Rusia terus meningkatkan serangan di bagian timur negara tersebut.

Bantuan sebesar US$1,3 miliar tersebut mencakup US$800 juta senjata artileri berat, termasuk 72 howtizer dan 144.000 butir amunisi serta 121 alat drone taktis.

Baca Juga: Presiden AS: Vladimir Putin Pengin Habisi Ukraina!

Biden juga menegaskan AS akan melarang kapal afiliasi Rusia yang berangkat dari pelabuhan AS dan negara tersebut segera memulai program untuk membantu pengungsi Ukraina yang akan memasuki wilayah AS.

Dikutip npr.org, Kamis (21/4), AS akan mencanangkan “Uniting for Ukraine”. Program tersebut bertujuan memberi akses kepada para sponsor, yaitu warga Ukraina-Amerika dan organisasi non pemerintahan untuk menggugah pernyataan tertulis secara online, mengenai dukungan finansial yang akan mereka berikan kepada penduduk Ukraina.

“Program pembebasan bersyarat kemanusiaan ini, akan melengkapi jalur hukum yang dapat diberikan kepada penduduk Ukraina, termasuk visa imigran dan pemrosesan pengungsi,” ucap Biden, dikutip dari npr.org, Jumat (22/4/2022).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Putin Umumkan Kemenangan Rusia di Mariupol Ukraina, Begini Reaksi AS

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya