SOLOPOS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin (The Guardian)

Solopos.com, JAKARTA—Intelijen Amerika Serikat (AS) mengungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin akan mendeklarasikan kemenangan Rusia atas Ukraina pada 9 Mei 2022. Deklarasi rencananya dilakukan di wilayah Donbass, Ukraina bagian Timur.

Intelijen AS menyampaikan Rusia berencana menguasai wilayah Donbass di Ukraina bagian timur dan di sanalah deklarasi tersebut dilakukan. Hasil penyadapan intelijen AS tersebut menunjukkan Rusia akan menguasai Donbass pada pekan pertama Mei sehingga pada 9 Mei 2022 akan dilakukan deklarasi kemenangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penyadapan intelijen AS menunjukkan bahwa Putin fokus pada 9 Mei sebagai ‘Hari Kemenangan’ Rusia,” kata salah seorang pejabat AS dikutip dari CNN, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Apa Agama Presiden Rusia Vladimir Putin? Ini Jawabannya

Adapun, 9 Mei merupakan hari libur utama dalam kalender Rusia di mana hari tersebut menandai kekalahan Nazi dalam Perang Dunia II. Senada, seorang pejabat pertahanan Eropa juga mengatakan perayaan kemenangan akan tetap dilakukan Rusia, terlepas dari status perang atau pembicaraan damai yang tengah diupayakan hingga saat ini.

Namun, baik pejabat AS dan Eropa mengatakan bahwa tenggat waktu apa pun yang mungkin ditetapkan Moskow secara retoris, tidak mengubah kenyataan bahwa Rusia sedang mempersiapkan kelanjutan invasi di Ukraina.

Para pejabat tersebut juga mengungkap beberapa alasan di balik rencana Rusia mendeklarasikan kemenangan pada Mei tersebut. Alasannya, musim dingin segera berakhir dalam waktu dekat sehingga es akan mulai mencair sehingga tanah yang lunak akan mempersulit pergerskan unit darat Rusia.

Baca Juga: Mengejutkan! Vladimir Putin akan ke Bali Hadiri KTT G20 

Dengan demikian, sangat penting bagi pasukan Rusia untuk bergerak sesegera mungkin menguasai Donbass, di Ukraina timur

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Perang Rusia vs Ukraina, Putin akan Deklarasi Kemenangan 9 Mei 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya