SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjalan meninggalkan ruangan seusai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). (Istimewa/Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

Solopos.com, JAKARTA — Perang Rusia-Ukraina belum jelas kapan berakhir. Sehari setelah kunjungan Presiden Jokowi, kedua negara itu kembali bertikai.

Ukraina mengklaim serangan Rusia di wilayah Odesa mengakibatkan 21 orang meninggal dunia, Sabtu (2/7/2022) waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengecam apa yang dilakukan pasukan Rusia di wilayah Odesa.

Zelensky menganggap Rusia melakukannya dengan sengaja dan mengakibatkan tewasnya 21 orang di wilayah Odesa.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Seusai Bertemu Jokowi, Putin Janji Takkan Ganggu Ekspor Ukraina

Selain kejadian tersebut terdapat beberapa kejadian lain yang terjadi pada hari ke-129 ini.

Melansir dari Guardian, berikut rangkuman perang Rusia vs Ukraina hari ke-129:

1. Rusia Dituduh Gunakan Senjata Fosfor

Tentara Ukraina mengaku melihat pesawat-pesawat SU-30 angkatan udara Rusia dua kali melakukan serangan dengan bom fosfor di pulau Zmiinyi.

Hal ini terjadi sehari setelah penarikan pasukan Rusia di pulau ular wilayah Laut Hitam.

2. Uni Eropa Singgung Masalah Lingkungan Dalam Pemulihan Ukraina

Komisaris Uni Eropa pada bidang lingkungan, Virginijus Sinkevicius memperingatkan dampak lingkungan dari konflik yang terjadi akan berpengaruh kepada generasi selanjutnya.

Virginijus melihat bagaimana kondisi lingkungan di Ukraina dalam perang dengan Rusia akan sangat rusak dan perlunya pembenahan yang di bidang lingkungan yang lebih diperhatikan.

3. Zelensky Mulai Hubungi Para Pimpinan Amerika Latin

Per hari ini, Zelensky menghubungi beberapa pimpinan dari negara Amerika Latin untuk mencari dukungan kepada negara tersebut.

Selain itu, komunikasi yang dilakukan oleh Zelensky merupakan cara dirinya untuk membuka dan menjalin hubungan baik dengan pemimpin di negara- negara latin.

4. Amerika Serikat Kembali Beri Bantuan ke Ukraina

Hari ini, AS kembali memberikan bantuan sebesar US$820 juta. Bantuan tersebut mencakup beberapa peralatan perang seperti sistem rudal udara baru dan radar kontra artileri untuk menanggapi serangan jarak jauh Rusia.

Perdana Menteri Inggris Dapat Gelar Kehormatan di Rusia Boris Johnson, telah menerima gelar Warga Kehormatan Odesa.

Baca Juga: Diundang Jokowi ke KTT G20, Presiden Ukraina Tak Jamin Bisa Hadir

Pada hari ini, walikota Odesa, Henadiy Trukhanov, menandatangani perintah dan memberikan Johnson sebuah lencana Kehormatan Hryhoryia Marazly derajat I, II, III, yang secara otomatis memberinya gelar kehormatan dari pemerintah Odesa, Ukraina.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Perang Rusia vs Ukraina hari ke-129: Zelensky Kecam Serangan Rusia di Odesa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya