SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan kurs rupiah (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–Kurs rupiah pada awal perdagangan hari ini, Selasa (12/7/2022), tembus Rp15.005 per dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, di pasar spot, rupiah melemah 0,20% ke level Rp15.005 per dolar AS pada pukul 09.07 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu, mata uang Asia lainnya dibuka bervariasi, yakni yen Jepang naik 0,25%, won Korea Selatan melemah 0,66%, yuan China turun 0,17%, dan ringgit Malaysia turun 0,24%

Sementara itu, indeks dolar AS hingga pukul 09.07 WIB, menguat 0,25% atau 0,26 poin ke level 108,28.

Sebelumnya, Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan dolar AS menguat terhadap mata uang lainnya karena kekhawatiran pertumbuhan global membantu safe-haven dolar AS naik lebih luas.

Baca Juga: Kurs Rupiah di BRI, BNI, Mandiri, dan BCA, Jumat 8 Juli 2022

Sedangkan, patokan imbal hasil Treasury AS 10-tahun stabil di dekat level tertinggi lebih dari satu pekan sesi sebelumnya.

“Kekhawatiran akan inflasi yang tinggi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi terus membebani pasar. Tingkat pengangguran AS tetap di 3,6% yang meredakan beberapa kekhawatiran resesi, meningkatkan ekspektasi pengetatan moneter lebih lanjut,” ungkapnya dalam riset harian, Senin (11/7/2022).

Adapun, saat ini investor tengah menunggu Indeks Harga Konsumen (CPI) AS, yang akan dirilis Rabu ini, yang diperkirakan akan mendekati 9%, tertinggi baru empat dekade.

Dari sisi internal, gonjang ganjing ekonomi global akan resesi akibat harga-harga komoditas yang melambung tinggi, menyebabkan tingginya inflasi sehingga Bank Sentral global menaikkan suku bunga yang berdampak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami kontraksi yang membuat negara-negara maju, berkembang serta negara-negara miskin mengalami kontraksi ekonomi.

Namun, dalam kondisi karut marut seperti itu, Indonesia sebagai salah satu negara berkembang, ekonominya tetap kuat dalam menghadapi ancaman yang datang dari eksternal. Indikasi ini bisa dilihat dari data ekonomi domestik yang menunjukan perbaikan.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Rupiah Tenggelam Rp15.005 per Dolar AS Pagi Ini, Gonjang-ganjing Resesi Global

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya