SOLOPOS.COM - Loji Gandrung Solo (JIBI/Solopos/Dok)

Rumdin Wali Kota Solo, Pemkot mengubah pagar Loji Gandrung dengan taman.

Solopos.com, SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan merestorasi bangunan rumah dinas Wali Kota di Loji Gandrung pada tahun ini. Tahap awal, restorasi dimulai dengan menata kawasan depan Loji Gandrung.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pagar depan Loji Gandrung bakal dibongkar dan diganti dengan taman. Pembongkaran dilakukan untuk menonjolkan kemegahan bangunan bergaya arsitektur berlagam Eropa tersebut. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan sejauh ini bangunan Loji Gandrung yang merupakan bangunan cagar budaya (BCB) tertutup pagar depan. Sehingga dari arah Jl. Slamet Riyadi, kemegahan bangunan Loji Gandrung tak terlihat.

“Nanti pagar Loji Gandrung akan kami bongkar. Ganti ruang terbuka hijau supaya keliatan ini lho bangunan Loji Gandrung,” kata Rudy sapaan akrabnya ketika dijumpai wartawan, Rabu (16/3/2016).

Menurut Rudy, dibongkarnya bangunan pagar rumah dinas Loji Gandrung, agar lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Rudy juga ingin  agar masyarakat mengetahui bangunan Loji Gandrung yang merupakan salah satu bangunan cagar budaya (BCB) di Kota Bengawan. Sedangkan dari sisi keamanan, Rudy mengaku tak khawatir.
“Tidur di mana saja tidak masalah. Keamanan juga ada yang menjaga. Jadi tidak khawatir,” kata Rudy.

Lebih lanjut Rudy mengatakan bangunan pagar Loji Gandrung merupakan bangunan tambahan dan bukan berstatus cagar budaya. Sehingga pembongkaran bangunan tidak masalah jika dikerjakan Pemkot. Rudy mengatakan pembongkaran pagar merupakan tahapan awal untuk merestorasi Loji Gandrung.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Agus Djoko Witiarso mengatakan tengah menyusun detail engineering design (DED) untuk restorasi Loji Gandrung. Dalam menyusun DED, DTRK menggandeng konsultan yang ahli dibidang bangunan cagar budaya. Penyusunan DED ini ditargetkan rampung pertengahan Agustus nanti.

“Kami menggandeng konsultan yang ahli dibidang cagar budaya agar mendapatkan sejumlah masukan tentang bangunan yang dulunya milik saudagar gula dari Eropa,” kata Agus.

Selain melibatkan Konsultan ahli bidang cagar budaya, DTRK juga menggandeng Tim Ahli Cagar Budaya (TACB). Menurut Agus, gaya arsitektur Loji Gandrung multi kultural, yakni perpaduan Jawa dan bangunan Eropa. Kedepan Loji Gandrung akan dikembalikan sesuai dengan aslinya, seperti pengembalian warna asli waktu pertama dibangun.

“Rumah dinas Wali Kota akan dijadikan sebagai public space (ruang publik). Tahapnya, kita mulai dengan merobohkan bangunan pagar di depan Loji Gandrung,” kata dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Kasus DBD di Pacitan Melonjak Tinggi pada April Ini, Angkanya Capai 107

Kasus DBD di Pacitan Melonjak Tinggi pada April Ini, Angkanya Capai 107
author
Newswire , 
Abdul Jalil Jumat, 26 April 2024 - 22:45 WIB
share
SOLOPOS.COM - Nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD). (dok)

Solopos.com, PACITAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, mencatat terjadi peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) dalam empat bulan terakhir. Angka kasus tertinggi terjadi pada bulan April ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pacitan, Nur Farida, mengatakan tren lonjakan kasus DBD di Pacitan mulai teridentifikasi sejak Januari 2024. Saat itu angka kasus DBD tercatat sebanyak 47 kasus.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kemudian pada Februari, kasus DBD mengalami penurunan menjadi 29 kasus. Namun, pada Maret kembali naik menjadi 36 kasus. Sedangkan pada April hingga pekan ketiga melonjak drastic menjadi 107 kasus.

“Kami tidak memungkiri kasus demam berdarah meningkat. Namun, yang perlu dicatat kasus yang kritis menurun,” jelas Farida, Jumat (26/4/2024).

Koran Solopos

Terkait lonjakan kasus DBD di Pacitan, dia meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) menjadi opsi pencegahan yang wajib dilakukan. Terutama di lingkungan yang sudah muncul kasus DBD, seperti halnya di wilayah Kecamatan Donorojo. Selain itu, Dinkes melalui jejaring puskesmas juga aktif melakukan pengasapan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan jumlah kasus tersebut menempatkan Kabupaten Pacitan di peringkat ke-21 dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur pada sebaran kasus demam berdarah tahun ini.

“Kalau di rangking memang nomor 21. Tidak tinggi bukan. Paling tidak tetap diwaspadai,” katanya yang dikutip dari Antara.

Emagazine Solopos

Menurutnya, warga yang terjangkit demam berdarah menyebar. Dominasi ada di Kecamatan Pacitan kota dan Kecamatan Kebonagung.

“Lalu di Kecamatan Donorojo. Sebenarnya Donorojo itu dulu sempat zero kasus demam berdarah. Nah tahun ini awal-awal malah banyak. Sampai kami terjunkan khusus untuk melakukan penanganan,” katanya.

 

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jatuh lalu Tertabrak Truk, Pengendara Motor Meninggal di Selogiri Wonogiri

Jatuh lalu Tertabrak Truk, Pengendara Motor Meninggal di Selogiri Wonogiri
author
Suharsih Jumat, 26 April 2024 - 22:44 WIB
share
SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi seorang pengendara motor yang meninggal akibat kecelakaan di jalan Gemantar-Krisak, Selogiri, Wonogiri, Jumat (26/4/2024) malam. (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia akibat kecelakaan bertabrakan dengan truk engkel di ruas jalan Nambangan-Krisak, Desa Gemantar, Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat (26/4/2024) malam.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, korban yang meninggal dunia itu seorang pemuda asal Desa Singodutan, Selogiri, Wonogiri, berinisial AAB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Warga Desa Gemantar, Ulung, yang kebetulan berada di dekat lokasi saat kejadian, mengatakan kecelakaan itu terjadi bermula ketika pengendara sepeda motor berjalan cukup kencang dari arah Solo menuju Wonogiri.

Koran Solopos

Menjelang lokasi kejadian, pengendara motor itu menyalip mobil di depannya dari sisi kanan. Nahas, pengendara motor itu jatuh dan tergelincir hingga terseret beberapa meter. Kondisi di jalan pada Jumat pukul 20.15 WIB itu basah karena hujan.

Pada waktu yang sama, satu unit truk engkel melaju dari arah berlawanan dan menabrak pengendara sepeda motor yang terjatuh tersebut. “Pengendara motor meninggal dunia di tempat,” kata Ulung saat ditemui Solopos.com di lokasi kejadian.

Pantauan Solopos.com, korban mengalami luka cukup parah di bagian kepala. Sepeda motor korban Yamaha MX King berpelat nomor AD 3877 UB ringsek. Korban langsung dibawa ke RSUD dr Soediran Mangun Sumarso, Wonogiri.

Emagazine Solopos

Aparat Satlantas Polres Wonogiri sudah menangani kejadian tersebut. Sementara itu, sopir truk yang terlibat dalam peristiwa tersebut, ST, menerangkan pengendara sepeda motor itu semula berusaha menyalip mobil Suzuki Carry namun terjatuh hingga melewati markah tengah jalan.

Truk yang dia kemudikan tidak bisa menghindari kecelakaan tersebut karena sudah terlalu dekat. “Posisi pengendara sepeda motor itu sudah terjatuh saat tertabrak truk saya,” kata pengemudi truk engkel berpelat nomor AD 9171 CB tersebut yang mengaku dari Pracimantoro.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

RM BTS akan Rilis Album Solo Kedua pada Mei 2024

RM BTS akan Rilis Album Solo Kedua pada Mei 2024
author
Newswire , 
Astrid Prihatini WD Jumat, 26 April 2024 - 22:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - RM BTS dalam balutan seragam militer. (Instagram @rkive)

Solopos.com, SOLO-Solois dan salah satu anggota dari grup idola BTS, yakni RM akan segera merilis album solo keduanya bertajuk Right Place, Wrong Person pada 24 Mei 2024 pukul 13.00 waktu Korea Selatan. Simak ulasannya di kabar artis Korea Selatan ini.

Dikutip dari Soompi, Kamis (25/4/2024) waktu Korea Selatan, BIGHIT MUSIC mengumumkan tentang perilisan album terbaru RM. Penggemar pun dapat melakukan pra pemesanan album Right Place, Wrong Person mulai Jumat (26/4/2024) pukul 11,00 pagi waktu Korea Selatan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Halo. Ini adalah BIGHIT MUSIC. Kami dengan senang hati mengumumkan perilisan ‘Right Place, Wrong Person,’ album solo kedua anggota BTS RM,” kata BIGHIT MUSIC dikutip dari Antara pada Jumat (26/4/2024).

Menurut BIGHIT, Right Place, Wrong Person adalah album  kedua RM BTS berisikan 11 lagu yang menangkap beberapa emosi universal dan dialami hampir semua orang dalam beberapa titik dalam kehidupan, seperti perasaan menjadi orang luar yang tidak cocok dengan lingkungannya.

Koran Solopos

BIGHIT juga menambahkan bahwa album Right Place, Wrong Person termasuk ke dalam genre lagu alternatif. Album ini akan diperkuat dengan suara yang kaya, serta lirik yang jujur dari RM.

“Antisipasi dan dukungan Anda untuk RM dan album solo keduanya ‘Right Place, Wrong Person’ akan sangat dihargai,” tutup BIGHIT.

Sebelumnya, RM telah merilis album solo pertamanya bertajuk Indigo pada Desember 2022. Mengutip dari Billboard, album tersebut berhasil memuncak di posisi ke-3 di semua genre Billboard 200.

Emagazine Solopos

Album tersebut menampilkan beberapa artis, termasuk Anderson .Paak, Erykah Badu, dan lainnya. Single utamanya, Wild Flower, yang menampilkan Youjeen pun sukses memulai debutnya dan memuncak di posisi 83 Billboard Hot 100.

Jauh sebelum itu, RM juga pernah merilis dua mixtape, yakni RM (2016) dan Mono (2018). Saat ini, RM bersama keenam anggota BTS lainnya sedang menjalani wajib militer (wamil) dan akan kembali secara utuh sebagai BTS pada 2025.

Terkait album keduanya, sebelumnya RM BTS telah membuat akun Instagram khusus di luar akun pribadinya yang memuat aktivitas rekaman pada November 2023. Akun Instagram tersebut memiliki username @rpwprpwprpwp.

Interaktif Solopos

Setelah beberapa bulan, baru terungkap bahwa akun tersebut dibuat khusus untuk album barunya kali ini. RM juga menuliskan “team rm” pada bio akun tersebut. Adapun username akun tersebut diambil dari singkatan judul album solo keduanya, Right Place, Wrong Person (RPWP).

Menjelang perilisannya, leader grup Kpop BTS bermama asli Kim Namjoon itu akan mengungkap beragam konten untuk memberikan gambaran sekilas tentang album barunya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories