[ X ] CLOSE

Rumah Warga Harjosari Karanganyar Ludes Terbakar, 5 Orang Mengungsi

Kebakaran berawal saat pemilik meninggalkan rumah sekitar pukul 07.00 WIB untuk membantu persiapan arisan di rumah tetangganya.
Rumah Warga Harjosari Karanganyar Ludes Terbakar, 5 Orang Mengungsi
SOLOPOS.COM - Petugas Damkar memadamkan api yang membakar rumah warga di Jembangan, Harjosari, Karangpandan, Karanganyar, Sabtu (5/6/2021). (Istimewa-Kades Harjosari)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Satu rumah milik Wiro Sutarti, warga Jembangan RT 001/RW 003, Harjosari, Karangpandan,  Karanganyar, hangus terbakar api Sabtu (5/6/2021). Akibat kebakaran tersebut, lima anggota keluarga terpaksa mengungsi lantaran tempat tinggal mereka sudah tidak bisa dihuni.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran berawal dari pemilik rumah yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong sekitar pukul 07.00 WIB untuk membantu persiapan arisan di rumah tetangganya.

Sekitar pukul 09.00 WIB, salah satu warga melihat api sudah membakar atap bagian dapur. Melihat hal tersebut, saksi kemudian meminta tolong warga lainnya untuk membantu memadamkan api dan melaporkan ke Polsek Karangpandan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Turun, Bupati Karanganyar Perintahkan Pengawasan Hajatan Diperketat!

Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Karanganyar, Renggo Buono, mengatakan penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik yang mengenai atap kayu di dapur dan merembet ke bawah.

Atap dan Genting Jatuh Semua

Menurutnya, akibat kebakaran tersebut, 70 persen bagian rumah korban habis terbakar.

“Yang terbakar itu awalnya bagian dapur lalu merembet ke rumah utama. Atap dan gentingnya sudah jatuh semua karena rangkanya terbakar,” papar dia kepada Solopos.com, Sabtu.

Baca juga: Viral Warga Karanganyar Bubarkan Balap Liar: Saya Sebal, Mereka Mengganggu Lalu Lintas!

Renggo mengatakan peristiwa kebakaran rumah warga tersebut nihil korban jiwa. Namun, lantaran kondisi rumah yang sudah tidak layak huni, lima orang anggota keluarga terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangga demi keselamatan jiwa.

“Tapi untuk estimasi kerugian kami belum bisa menilai. Kami lebih fokus untuk evakuasi keselamatan jiwa dan pemadaman api dulu,” imbuh dia.

Sementara itu, pemadaman api menurutnya sedikit terlambat lantaran laporan masuk selisih 30 menit dari kejadian. Menurutnya, laporan masuk ke Damkar Karangayar sekitar pukul 09.20 WIB.

Baca juga: Viral Warga Karanganyar Bubarkan Balap Liar: Saya Sebal, Mereka Mengganggu Lalu Lintas!

Damkar tiba dengan waktu respons sekitar 10 menit. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 10.10 WIB.

“Jadi tadi ada sedikit keterlambatan penanganan karena kami tiba di sana sekitar pukul 09.30 WIB. Untuk pemadaman bisa selesai sekitar 30 menit,” kata dia.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago