top ear
Kondisi Rumah Sehat Corona di Mandan, Kecamatan/ Kabupaten Sukoharjo menampung pasien positif tanpa gejala, Rabu (22/7/2020). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)
  • SOLOPOS.COM
    Kondisi Rumah Sehat Corona di Mandan, Kecamatan/ Kabupaten Sukoharjo menampung pasien positif tanpa gejala, Rabu (22/7/2020). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

Rumah Sehat Corona Sukoharjo Kosong Empat Hari Terakhir

 Rumah Sehat Corona Sukoharjo di Mandan, Sukoharjo tersebut dibagi dalam beberapa zona, yakni zona hijau, zona kuning, serta zona merah.
Diterbitkan Minggu, 9/08/2020 - 08:00 WIB
oleh Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani
2 menit baca

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo melayangkan surat ke Polres Sukoharjo terkait permohonan perpanjangan masa pinjam Barak Dalmas untuk Rumah Sehat Corona (RSC).

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan Barak Dalmas di Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo, sejak 11 Mei lalu dioperasikan sebagai Rumah Sehat Corona (RSC). RSC tersebut telah mengantarkan puluhan penghuninya sembuh dari Corona.

Para penghuni merupakan pasien positif Corona tanpa gejala (asimptomatik) dan rata-rata dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi selama 20 hari di RSC.

Tukang Mindring Pakem Positif Covid-19, Dinkes Sleman Lakukan Tracing

"Sudah empat hari ini RSC kosong. Meski kosong belum ada penghuninya, RSC tetap beroperasi," katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (8/8/2020).

Dia mengatakan belum ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirujuk puskesmas ke Rumah Sehat Corona Sukoharjo. Artinya kasus positif tanpa gejala saat ini mampu melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) ini juga mengaku sudah melayangkan surat ke Polres untuk perpanjangan masa pinjam Barak Dalmas yang digunakan untuk RSC tersebut. Surat perpanjangan masa pinjam ini dilakukan meski kondisi RSC kosong.

6 Pegawai Positif Covid-19, Kantor Inspektorat Solo Ditutup Sementara

"Jadi RSC masih beroperasi meski kosong belum ada penghuninya," katanya.

Pemberian Nutrisi

Yunia menjelaskan pasien positif corona kategori tanpa gejala yang menghuni Rumah Sehat tersebut adalah kasus positif yang tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Pasien positif corona yang dikarantina dipantau secara rutin kondisi klinisnya, aktivitas fisik, pemberian nutrisi serta pengecekan laboratorium.

RSC Sukoharjo tersebut dibagi dalam beberapa zona, yakni zona hijau, zona kuning, serta zona merah. "Batas pengunjung di zona hijau, untuk zona merah adalah tempat perawatan sehingga tidak bisa dikunjungi," ujar Yunia.

Curhat Perempuan di Bintaro Mengaku Diperkosa Viral di Medsos

Rumah Sehat Corona Sukoharjo terdiri atas dua lantai dimana lantai satu untuk menampung kasus positif laki-laki dan lantai dua untuk kasus positif perempuan.

Rumah Sehat dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, televisi, jaringan wifi, dan lainnya.


Editor : Profile Danang Nur Ihsan
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com



berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini