SOLOPOS.COM - Ilustrasi RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro. (rsupsoeradji.id)

Solopos.com, SOLO — Berdiri sejak 1927, RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro di Kabupaten Klaten disebut-sebut sebagai rumah sakit tertua di Jawa Tengah atau Jateng.

Tidak hanya itu, RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro juga merupakan cikal bakal lahirnya Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada atau UGM Yogyakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“RSUP Soeraji Tirtonegoro Klaten paling tua,” tulis mantan Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo yang saat ini menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jateng, Selasa (17/5/2022).

Berdasarkan catatan sejarah, RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten didirikan pada tanggal 20 Desember 1927, secara bersama-sama oleh perkebunan-perkebunan (onderneming) milik pemerintah Hindia Belanda (kini Indonesia) yang terdiri dari perkebunan tembakau, tebu dan perkebunan rami.

Awalnya rumah sakit tertua di Jateng tersebut diberi nama “Dr. SCHEURER HOSPITAL” dan dikelola oleh yayasan “Zending” yang bergerak dibidang kesejahteraan umat. Rumah sakit itu dipimpin oleh Dr. Bakker.

Pada 1942 Jepang menguasai Pemerintah Hindia Belanda sehingga “Dr. SHEURER HOSPITAL” juga dikuasai Jepang. Pada tahun 1945 Jepang kalah perang dan Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Baca Juga: Gedung Tua dalam Kemegahan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Dengan demikian “Dr. SHEURER HOSPITAL” juga berada pada kekuasaan pemerintah Indonesia dan sejak saat itu namanya diganti menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) Tegalyoso Klaten. Nama ini diambil dari nama desa dimana RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro berada yaitu desa Tegalyoso.

Kemudian pada 5 Maret 1946 di RSU Tegalyoso Klaten dibuka Perguruan Tinggi Kedokteran atau PTK bagian Pre Klinik yang kemudian menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran UGM di Yogyakarta.

Mulai saat itu pula RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten yang merupakan rumah sakit tertua ini kecuali melaksanakan pelayanan kesehatan dan pendidikan bidan serta mantri juru rawat yang telah ada juga dimanfaatkan sebagai tempat pendidikan dokter.

PTK yang ada di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro tersebut pada 1950 dipindah ke Yogyakarta yang kemudian tumbuh dan berkembang menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Baca Juga: Pengin Kuliah Kedokteran di UGM? Ini Perkiraan Biaya

Oleh sebab itu sampai saat ini RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten menjalin erat kerja sama dengan Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta. Kerja sama dengan Fakultas Kedokteran UGM tersebut secara resmi dikukuhkan secara tertulis pada tahun 1975 berdasarkan keputusan Mentri Kesehatan RI yang antara lain menetapkan bahwa RRSUP Dr Soeradji Tirtonegoro, bersama-sama dengan RS Dr. Sardjito Yogyakarta merupakan salah satu tempat praktik bagi para mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

Kerja sama RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro dengan Kedokteran UGM terus berlanjut. Pada 2001, RS ini disetujui sebagai Rumah Sakit Pendidikan untuk FK-UGM dan dijadikan sebagai Laboratorium Pusat Pengembangan Pelayanan Medik Dasar Esensial.

Tahun 2003 RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten ditetapkan sebagai Rumah Sakit Kelas B Pendidikan. Kemudian pada 2013 keluar Keputusan Menteri Kesehatan yang menetapkan rumah sakit tertua di Jateng ini sebagai Rumah Sakit Pendidikan Satelit Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

“Tahun 2016 Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.03/1/3554/2016, tanggal 24 Oktober 2016 menetapkan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Bagi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada,” sebagaimana tertulis di laman rsupsoeradji.id.

Baca Juga: Ini Dia Rumah Sakit Tertua di Jawa Tengah, Ternyata Ada di Klaten

Terbaru pada 2020, RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro, memenuhi standar dan persyaratan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Satelit untuk RSUP Dr. Sardjito dan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada.

“Ini dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan, pendidikan, dan penelitian bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan kesehatan lain bagi mahasiswa dan tenaga kesehatan guna mencapai kompetensi tenaga kesehatan sesuai dengan standar pendidikan.”

Itulah sejarah singkat RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten yang merupakan rumah sakit tertua di Jateng sekaligus cikal bakal lahirnya Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya