SOLOPOS.COM - Robot pembantu staff medis untuk merawat pasien virus corona di salah satu rumah sakit Italia, 1 April 2020. (Reuters/Flavio Lo Scalzo)

Solopos.com, ROMA - Italia memanfaatkan teknologi robot canggih untuk merawat pasien virus corona Covid-19. Robot bernama Tommy membantu para tenaga medis di Rumah Sakit Circolo di Varese, Lombardy Utara, yang merupakan pusat penyebaran wabah di Italia.

"Ini seperti memiliki perawat lain tanpa masalah yang berkaitan dengan infeksi," kata Dokter Francesco Dentali, direktur perawatan intensif di rumah sakit tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejumlah ODP Corona di Sragen Tolak Bantuan Sembako Dari Pemkab

Tommy berukuran setinggi anak kecil dengan mata besar yang berkedip dan diarahkan ke kamar, lalu ditinggalkan di samping tempat tidur pasien, sehingga dokter dapat menjaga orang lain yang berada dalam kondisi yang lebih serius.

Mereka memantau parameter dari peralatan di ruangan, menyampaikannya ke staf rumah sakit. Robot ini memiliki wajah layar sentuh yang memungkinkan pasien untuk merekam pesan dan mengirimkannya ke dokter.

Yang paling penting, Tommy dan rekan-rekan setimnya yang berteknologi tinggi memungkinkan rumah sakit membatasi jumlah kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien, sehingga mengurangi risiko infeksi.

Ini Sebaran ODP & PDP Corona per Kelurahan di Kota Solo

Robot Pelayan Pasien Corona di Italia

Lebih dari 4.000 petugas kesehatan Italia telah terjangkit virus ketika merawat korban di Italia, dan 66 dokter telah meninggal dunia. Italia merupakan negara dengan jumlah korban jiwa terbanyak di dunia karena wabah ini, dengan mencapai 13 ribu jiwa pada hari Rabu (1/3/2020).

"Dengan menggunakan kemampuan saya, staf medis dapat berhubungan dengan pasien tanpa kontak langsung," kata Tommy si robot, menjelaskan kepada seorang wartawan yang berkunjung pada hari Rabu (1/3/2020).

Reaksi pasien pun beragam, bahkan ada yang enggan untuk dirawat oleh robot-robot canggih ini. Sehingga, dokter harus menjelaskan kepada pasien tujuan dan fungsi robot.

China Lockdown Kota Jia, Ribuan Orang Positif Corona Tanpa Gejala

“Reaksi pertama tidak positif, terutama untuk pasien berusia lanjut. Tetapi, jika Anda menjelaskan tujuan Anda, pasien senang karena ia dapat berbicara dengan dokter (melalui robot),” kata dr Dentali. Robot juga membantu rumah sakit membatasi jumlah masker dan alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan staf.

"Saat ini, mereka adalah sumber daya yang langka," kata Dokter Gianni Bonelli, direktur rumah sakit.

Kekurangan masker telah menjadi salah satu masalah terbesar yang mengganggu sistem kesehatan nasional sejak penularan muncul pada akhir Februari.

22 Tenaga Medis Sragen Ikuti Rapid Test, Ini Hasilnya

Selain itu, Tommy dan sesama perawat robotnya memiliki satu keuntungan lagi, yaitu mereka tidak mengalami kelelahan. Baterai cepat diisi dan mereka dapat kembali bekerja di bangsal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya