SOLOPOS.COM - Petugas memadamkan api yang membakar rumah kosong di Gajahan, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (12/8/2021). (Istimewa-dok. Polsek Pasar Kliwon)

Solopos.com, SOLO — Sebuah rumah kosong di wilayah Jl. Reksoniten, Gajahan, Pasar Kliwon, Solo, terbakar pada Kamis (12/8/2021) siang. Diduga, penyebab kebakaran dari api sisa-sisa pembakaran sampah.

Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Achmad Riedwan Prevoost, mengatakan saat ini api telah dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran, sukarelawan, dan para warga. Tim pemadam menerjunkan lima unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolsek menyebut kronologi awal kebakaran yakni bermula saat seorang warga sekitar lokasi kejadian berinisal BM, 51, membakar sampah di depan rumah kosong milik warga Karanganyar itu. Saat membakar sampah, BM yang berstatus sebagai saksi turut membakar sampah elektronik berupa TV.

Baca juga: Datangi Klinik Pratama Kartika Solo untuk Suntik Vaksin Dosis Kedua, Puluhan Orang Kecele

Ekspedisi Mudik 2024

“Jadi setelah BM ini membersihkan rumah milik warga, membawa sampah ke depan rumah kosong. Sampah itu ada sampah rongsokan TV. Saat sampah sudah terbakar semua, saksi ini sempat memadamkan sisa pembakaran sampah,” papar dia mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Ditelepon Istri

Ia menambahkan setelah memastikan sampah yang dibakar padam, saksi pergi ke wilayah Baluwarti karena ada keperluan. Namun, selang beberapa saat ia ditelepon istrinya yang memberitahukan rumah kosong tempat membakar sampah terbakar.

“Saat membakar sampah, saksi menunggui sampai padam. Lalu saksi juga menyemprotkan air di sampah itu,” papar dia.

Baca juga: Curhat Warga Pontang-Panting Cari Vaksin Covid-19 di Soloraya hingga Nyaris Putus Asa

Ia menambahkan karena merasa panik, istri saksi menuju pos pemadam kebakaran di wilayah Alkid, Pasar Kliwon. Selang beberapa saat BM kembali dari wilayah Baluwarti, pemadam kebakaran sudah berada di lokasi.

“Jarak sampah padam dengan rumah terbakar sekitar 20 menit. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” imbuh dia.

Kapolsek menyebut kerugian kebakaran rumah belum bisa diprediksi. Hal itu dikarenakan rumah yang terbakar rumah kosong dan sudah tidak layak huni. Api dapat menjalar cepat karena rumah mayoritas dari kayu dan rumah berisi buku-buku lama.

Baca juga: Rombongan Konvoi, 30 Sepeda Motor Knalpot Bronk Diamankan Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya