SOLOPOS.COM - RS UNS Solo merupakan salah satu rumah sakit rujukan di Sukoharjo (Uns.ac.id)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Rumah isolasi di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret atau RS UNS di Kartasura, Sukoharjo, bisa digunakan mulai Januari 2020.

Rumah isolasi itu dilengkapi 100 tempat tidur dan disiapkan khusus bagi warga Sukoharjo yang membutuhkan tempat isolasi mandiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juru bicara (jubir) Satgas Penanganan Covid-19 RS UNS dr Tonang Dwi Adryanto mengatakan rumah isolasi tersebut khusus untuk warga Sukoharjo.

Ada Info Ranjau Paku dan Baut di Palang Joglo, Ini Kata Kapolresta Solo

Ekspedisi Mudik 2024

“Nanti Januari sudah bisa dipakai. Jadi karena kasus di Sukoharjo meningkat sehingga Pemkab Sukoharjo meminta fasilitas rumah isolasi di RS UNS,” ujar Tonang di Hotel Alana, Solo, Rabu (16/12/2020).

Menurut dia, fasilitas tersebut berada di lingkungan RS UNS, namun terpisah dari ruang pelayanan lainnya. “Jadi gedung isolasi ini sebenarnya gedung untuk pendidikan. Tapi karena ada permintaan untuk rumah isolasi, pendidikan kami pindah ke tempat lain dan gedungnya dipakai untuk isolasi itu,” imbuhnya.

Tambah Terus, Total 125 Pasien Positif Covid-19 di Sukoharjo Meninggal

Tempat Isolasi Mandiri

Tonang menambahkan rumah isolasi RS UNS berkapasitas 100 tempat tidur. Layanan ini khusus disediakan bagi warga Sukoharjo yang membutuhkan tempat isolasi mandiri dan di rumahnya tidak memungkinkan.

“Misalnya bagi orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetapi gejalanya ringan, atau bagi orang yang terkonfirmasi tanpa gejala [KTG] yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri di rumah, mereka bisa pakai gedung ini,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Satgas Covid-19 Kabupaten Sukoharjo menyiapkan rumah isolasi di rumah sakit tersebut. Rumah isolasi tersebut akan menampung pasien terpapar Covid-19 yang menjalani rawat inap dengan kondisi stabil.

Solo, Wonogiri, Sragen Zona Merah Covid-19, Ojo Keluyuran!

Sementara rumah sakit rujukan akan konsentrasi merawat pasien dengan penyakit komorbid dan membutuhkan penanganan intensif. Kondisi ini dilakukan menyusul ketersedian ruang isolasi positif Covid-19 di RS yang semakin kritis.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, kepada Solopos.com, Minggu (6/12/2020), mengatakan kondisi rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo sebagian besar penuh.

Lantaran itu, diperlukan penambahan ruang isolasi terutama bagi pasien yang kondisinya sudah dinyatakan stabil. Inilah yang menjadi alasan dibukanya rumah isolasi RS UNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya