SOLOPOS.COM - Kondisi rumah mendiang Wahyu Sardono alias Dono Warkop DKI di Kragan, Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Klaten Sabtu (6/11/2021). Rumah yang sudah kosong bertahun-tahun itu masih dikunjungi wisatawan sekadar swafoto. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Rumah mendiang Wahyu Sardono alias Dono Warkop DKI di Klaten, Jawa Tengah, masih berdiri kokoh. Namun rumah yang berlokasi di RT 002/RW 011, Dukuh Kragan, Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Klaten itu telah kosong selama puluhan tahun.

Meski begitu, masih sering didatangi warga maupun wisatawan yang melintas di Delanggu. Rumah itu terlihat cukup terawat. Adapun orang yang merawat rumah rekan Kasino dan Indro itu adalah warga setempat, yakni Siti, 52, dan suaminya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Hanya Bersihkan Luar, Perawat Rumah Dono Warkop Tak Berani Masuk

Ditemui Solopos.com, di rumah mendingan Dono Warkop, ia dan suaminya mengaku sudah bertahun-tahun merawat rumah tersebut. Namun, Siti mengaku tak pernah masuk ke dalam rumah Dono. Padahal di dalam rumah tersebut, kata dia, masih terdapat berbagai perabot rumah tangga.

“Kami enggak berani masuk ke dalam rumah. Yang kami bersihkan hanya bagian luar [teras]. Dulu, teras rumah sempat digunakan angkringan oleh adik saya, Tokrik. Sekarang digunakan untuk usaha susu segar oleh anak saya,” katanya.

Seperti diberitakan, kendati rumah mendiang Dono Warkop itu kosong puluhan tahun, kondisinya jauh dari kesan angker. Rumah itu masih sering didatangi warga maupun wisatawan yang melintas di Delanggu. Akan tetapi, rumah model lama yang dibuat dengan kayu itu atapnya terlihat mulai keropos.

Baca juga: Rumah Mendiang Dono Warkop DKI di Klaten Jadi Jujukan Wisatawan Hlo

Seperti yang terpantau Solopos.com pada Sabtu (6/11/2021). Rombongan wisawatan The Village Trip dari Taman Sehat Rejosari (Tasero) Delanggu dan Prambanan Classic Jeep menyempatkan singgah di rumah Dono yang dekat dengan kompleks eks Pabrik Karung Goni Delanggu itu. Sebagian dari mereka berswafoto di lokasi tersebut.

“Ini rumah pelawak terkenal di Tanah Air, yakni mendiang Dono Warkop DKI,” kata Ketua Prambanan Classic Jeep, Agus Sulistyo Budi, saat ditemui Solopos.com di Delanggu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya