Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Seratusan warga empat RW di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang rumahnya dibongkar mendapatkan bantuan Rp5 juta.
Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta
SOLOPOS.COM - Petugas meratakan hunian dengan ekskavator di RW 002 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (19/9/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Lebih dari 100 keluarga di empat RW wilayah Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang rumahnya dibongkar untuk penataan kawasan kumuh mendapat bantuan Rp5 juta.

Bantuan itu untuk subsidi sewa hunian sementara selama menunggu rumah mereka selesai dibangun kembali. Warga yang terdampak program peningkatan kualitas permukiman di RW 002 sampai RW 005 Semanggi itu mulai mengosongkan hunian dan menempati hunian sementara.

Baca Juga: 2 Mitos Kepercayaan Masyarakat ini Bikin Sungai Bengawan Solo Kian Kotor

Ketua Pokja Semanggi Utara, Wito, menjelaskan ada 151 keluarga terdampak program peningkatan kualitas permukiman. Rumah warga RW 002, RW 003, RW 004, dan RW 005 Kelurahan Semanggi, Solo, itu mulai dibongkar pada Minggu (19/9/2021).

“Sebagian besar yang di sini [RT 004/RW 002] sudah mengosongkan rumah. Yang sebagian sana nanti menyusul. Tapi sudah ada kesepakatan warga untuk mengosongkan rumah,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga: Perempuan Boyolali Pecah Ketuban saat Hendak Tes SKD CPNS Solo

Ia menjelaskan rata-rata warga telah mendapatkan hunian sementara berupa rumah kontrakan yang akan segera ditempati. Warga akan mendapatkan subsidi sewa Rp5 juta/keluarga selama pelaksanaan proyek.

Uang bantuan subsidi sewa hunian sementara itu dijanjikan cair pada Desember 2021. “Kami mendukung program ini supaya Semanggi bebas kumuh. Program ini mengatasi kumuh dan warga antusias, dengan demikian mengurangi kekumuhan Semanggi,” jelasnya.

Baca Juga: PPKM Solo Bertahan di Level 3 Meski Jumlah Kasus Covid-19 Jauh Menurun

Bantuan dari Pemkot Solo

Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Solo, Gunawan AP, mengatakan ada 126 keluarga yang akan mendapatkan subsidi sewa Rp5 juta/keluarga. Sedangkan 10 keluarga tidak dapat subsidi karena pernah memperoleh bantuan dari Pemkot Solo.

Selain subsidi sewa, Pemkot Solo telah menganggarkan Rp150 juta untuk membongkar dan membersihkan lahan. Juga Rp70 juta untuk jasa konsultan penilai publik.

Baca Juga: Hunian Warga di 4 RW Kelurahan Semanggi Solo Mulai Dirobohkan, Ada Apa Ya?

Sebagaimana diberitakan, seratusan hunian di empat wilayah RW yakni RW 002, RW 003, RW 004, dan RW 005 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mulai dirobohkan pada Minggu (19/09/2021).

Perobohan itu terkait rencana Pemkot Solo menata kawasan kumuh tersebut. Pemerintah akan membangun 136 rumah dan memberikan sertifikat tanah untuk warga yang selama menghuni kawasan itu.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago