SOLOPOS.COM - Warga dan sukarelawan bekerja bakti menyingkirkan membersihkan material longsoran di Desa Banjarpanepen, Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Selasa (17/11/2020). (Antara)

Solopos.com, BANYUMAS -- Rumah warga di Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas tertimbun longsor timbun. Dua orang ditemukan meninggal dunia, tiga lainnya masih dalam pencarian, Selasa (17/11/2020).

Hujan lebat pada Senin (16/11) hingga Selasa (17/11) dini hari menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor. Bencana itu terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Kejadian di Kecamatan Sumpiuh khususnya Desa Bogangin satu rumah warga tertimbun longsor. Satu orang meninggal dunia dalam kejadian itu," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas Titik Puji Astuti, Selasa.

Semut yang Teror Warga Banyumas Gak Doyan Gula Maunya Binatang

Selain itu di Desa Banjarpanepen rumah satu keluarga yang terdiri atas empat jiwa juga tertimbun longsor. "Salah seorang di antaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan tiga orang lainnya masih dalam pencarian," tambah Titik.

Menurut dia, banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa bagian wilayah Kecamatan Sumpiuh, Gumelar, Lumbir, Purwojati, Kebasen, dan Ajibarang.

"Di Ajibarang juga ada yang harus direlokasi, sedangkan di Kecamatan Karanglewas ada jembatan yang putus," jelas Titik dilansir dari Antaranews.com.

Status Tanggap Darurat Letusan Gunung Merapi di Klaten Diperpanjang

Kepala Desa Banjarpanepen Mujiono mengatakan bahwa bencana tanah longsor di wilayahnya terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Longsor akibat hujan lebat yang terjadi sejak Senin (16/11) pukul 23.00 WIB.

"Akibat hujan lebat tersebut, tebing setinggi 50 meter longsor dan mengenai tiga rumah warga, satu rumah di antaranya hancur, sedangkan dua rumah lainnya tertimbun longsor," katanya.

Perpusda dan Seluruh Taman Baca di Wonogiri Tutup Layanan Selama Pandemi Covid-19

Ia mengatakan, bencana yang terjadi saat warga masih tidur malam itu mengakibatkan satu keluarga yang terdiri atas empat jiwa tertimbun longsor.

Menurut dia, satu dari anggota keluarga yang tertimbun longsor ditemukan meninggal dunia dan tiga orang lainnya masih dalam pencarian. Korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia diketahui bernama Wagiyah, 38, dan tiga orang yang masih dicari yakni Basuki, 52, beserta dua anaknya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya