SOLOPOS.COM - Kebakaran yang terjadi di Jl. Tukangan No.34, Danurejan yang menyebabkan satu ruko habis terbakar, Minggu (17/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, YOGYAKARTA — Ruko Sinar Jaya di Jl. Tukangan No.34, Danurejan, Jogja ludes dilalap api pada Minggu (17/7/2022) pagi.

Penyebab kebakaran diduga karena obat nyamuk bakar. Kerugian akibat kebakaran di ruko Sinar Jaya itu ditaksir mencapai Rp600 juta.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Selain ruko, kebakaran juga sempat merembet ke rumah sekitar. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jogja bertindak cepat memadamkan jago merah yang merembet ke rumah warga terdekat.

Kebakaran bermula saat pemilik ruko, Sri Lestari, menyalakan obat nyamuk bakar di dekat mobil yang diparkirkan di dalam ruko. “Obat nyamuk itu tidak dipadamkan dan akhirnya menimbulkan api yang kemudian membakar mobil. Lalu pemilik ruko terbangun dan ruko sudah terbakar,” kata Kasi Operasional Dinas Damkar Jogja, Timur Dalyanto, Minggu (17/7/2022).

Timur menyebutkan tak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. “Korban hanya keseleo karena mencoba mengevakuasi diri dan sudah dilarikan ke RS DKT Kota Baru,” ujarnya.

Baca Juga : Gudang Mebel di Jogja Terbakar, 2 Jam Api Baru Berhasil Dipadamkan

Kebakaran di salah satu ruko Danurejan Jogja tersebut diketahui pada pukul 01.25 WIB. Proses pemadaman api berlangsung cukup lama hingga pukul 03.00 WIB.

Selain Ruko, api juga membakar salah satu rumah kosong di samping ruko. “Untungnya berhasil dipadamkan Damkar dan hanya terbakar atapnya saja. Rumah kosong itu,” ungkapnya.

Humas Polresta Jogja, AKP Timbul Sasana Raharjo, berada di lokasi kejadian untuk memantau kebakaran tersebut. Dia meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati. “Untuk itu saya imbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati karena ini musim kemarau. Apa saja bahan di rumah jadi mudah terbakar,” tutur Timbul, Minggu.

Dalam seminggu terakhir, kata dia, sudah ada tiga kebakaran besar di Jogja. “Semuanya tak ada korban jiwa. Hanya kerugian material, tapi ini alarm untuk masyarakat lebih berhati-hati,” kata dia.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul Gegara Obat Nyamuk, Ruko Ludes Dilalap Api, Kerugian Capai Rp600 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya