[ X ] CLOSE

Rujak Belut Khas Brebes, Lembut Legit Lazizzz, Mau Coba?

Rujak belut merupakan kuliner khas Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang lezat, gurih, dan sedap tiada tanding.
Rujak Belut Khas Brebes, Lembut Legit Lazizzz, Mau Coba?
SOLOPOS.COM - Rujak Belut khas Brebes (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, BREBES — Bagi sebagian orang, belut dianggap sebagai binatang menjijikan. Namun di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, belut menjadi salah satu hidangan khas yang  populer dan wajib dicoba bagi para pencinta kuliner. Rujak Belut, makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan tentu saja lezat.

Dilansir dari Liputan6.com, Kamis (14/10/2021), selain enak dan empuk dagingnya, rujak belut ini dipercaya bisa meningkatkan stamina tubuh. Bagi sebagian warga Brebes, makanan ini merupakan jenis kuliner yang sudah melegenda lebih dari 40 tahun.

Belut yang lazimnya dimakan sebagai lauk, tetapi saat diramu dengan bumbu rujak pecel akan mempunyai cita rasa yang berbeda. Seperti halnya rujak belut di warung milik almarhum Mbah Kidah yang ada di Kecamatan Kersana.

Baca Juga:Kesetaraan Gender di Jateng Terbaik di Indonesia

Dengan menggunakan aneka bumbu tradisional yang memiliki cita rasa yang khas, kuliner tradisional ini mampu mendapatkan tempat, tidak hanya di lidah saja tapi juga di hati para penikmatnya. Ningsih, pemilik dari warung Mbah Kidah menjelaskan untuk membuat rujak belut ini, belut sebagai bahan dasar makanan harus dicuci bersih dahulu.

Sedangkan untuk bumbunya tidak jauh dari bumbu rujak pada umumnya, yakni kacang tanah, cabe rawit, terasi, garam dan kecap yang kemudian diulek dicampur dengan belut yang sudah digoreng bersamaan dengan belut,

Satu porsi rujak belut ini dihargai Rp25.000 dan sudah mendapatkan nasi dan lalapan. Penikmatnya tidak hanya dari warga lokal saja namun juga luar Brebes, seperti Jakarta, Surabaya dan daerah tetangga. Warung ini juga memiliki cabang di kecamatan yang sama.

Baca Juga: Nikmatnya Nyeruput Teh Hitam di Tengah Sejuknya Kaligua

Dikutip dari situs yang sama, belut mengandung sumber protein tinggi, kaori, zat besi, fosfor, vitamin dan arginin. Sehingga tidak salah jika rujak belut diyakini sebagai makanan penambah stamina. Selain itu, karena kandungan proteinnya yang tinggi, bagi para body builder, mengkonsumsi belut bisa membantu pembentukan otot dengan diimbangi latihan angkat beban (gym) yang cukup sehingga body goal yang diidamkan bisa terwujud

Protein tinggi dalam belut ini juga dapat menghasilkan hormone dalam tubuh yang dapat mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago